MODEL PENEMPATAN PART PADA HANGER DENGAN METODA ALGORITMA GENETIK DAN PENJADWALAN HANGER DENGAN SATU CRANE DI BAGIAN SURFACE TREATMENTPT DIRGANTARA INDONESIA

Raden Inna Rachmasetia

Informasi Dasar

112081050
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan manufacturing pesawat terbang yang memiliki tipe produksi made to order (MTO). Pada lantai produksi Departemen Surface Treatment terjadi keterlambatan atau ketidaksesuaian antara rencana produksi part pesawat yang telah direncanakan dengan kegiatan aktual yang dilakukan dan tidak adanya penjadwalan pada alat angkut yaitu crane untuk memenuhi target duedate yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam pemenuhan kebutuhan urutan penjadwalan yang optimal bagi perusahaan, maka diaplikasikan metode Campbell Dudek Smith (CDS) untuk menghasilkan waktu makespan yang minimum dan penerapan Algoritma Genetik pada penempatan part ke dalam hanger untuk meningkatkan utilitas hanger.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penjadwalan dengan menggunakan metode Campbell Dudek Smith (CDS) telah menghasilkan urutan penjadwalan yang optimal dengan waktu makespan minimum sebesar 448.28 menit dengan jumlah hanger 8 buah. Dari hasil perbandingan antara kondisi penjadwalan aktual dengan penjadwalan metode, ternyata makespan dapat berkurang sebesar 31.77%. Sedangkan hasil dari optimasi penempatan part pada salah satu hanger yaitu routing 1 (Chemical Conversion Coating) menghasilkan nilai fitness sebagai nilai dari fungsi tujuan sebesar 83.33%.

Penjadwalan Flowshop, makespan, Campbell Dudek Smith (CDS), Algoritma Genetik

Subjek

Skripsi
Skripsi,

Katalog

MODEL PENEMPATAN PART PADA HANGER DENGAN METODA ALGORITMA GENETIK DAN PENJADWALAN HANGER DENGAN SATU CRANE DI BAGIAN SURFACE TREATMENTPT DIRGANTARA INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Raden Inna Rachmasetia
Perorangan
DR. Dida Diah Damayanti, Ir.,M,Eng.; Pratya Poeri S, ST. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini