USULAN PERBAIKAN RANCANGAN TATA LETAK FASILITAS BAGIAN MACHINING PADA SMALL PRISAMTIC MACHINE CNC 2 PT DIRGANTARA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA CRAFT UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL

NISA SEPTIANITA SUROSMAN

Informasi Dasar

112081049
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan penerbangan di Asia yang berpengalaman dan berkompetensi dalam rancang bangun, pengembangan, dan manufacturing pesawat terbang. Di lantai produksi bagian Machining pada Small Prismatic Machine CNC 2 masih terdapat aliran yang mengalami backtracking yang mengakibatkan semakin jauhnya momen perpindahan selain itu, perusahaan ingin menambah satu unit mesin baru. Dengan adanya penambahan mesin baru tersebut, perusahaan membutuhkan penataan kembali tata letak yang sudah ada. Variasi produk yang dihasilkan cukup banyak. Oleh karena itu pengelompokan mesin dan part sangat penting. Pengelompokan tersebut akan mengurangi operasi proses yang tidak produktif, frekuensi perpindahan material handling dan lain sebagainya.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dari tata letak bagian produksi, maka diaplikasikan Group technology yaitu dengan cara mengelompokkan mesin dan produk yang sejenis. Digunakan 3 metode pada perancangan Group technology yaitu Rank order Clustering, Single Linkage Cluster Analysis, dan Cluster identification Algorithm. Hasil pengolahan metode tersebut dibandingkan menggunakan performance measure. Metode yang memberikan solusi yang terbaik adalah metode Rank Order Clustering dan Algoritma CRAFT dipakai untuk mencari momen perpindahan material terkecil sehingga dapat diketahui tata letak yang paling efisien dari segi jarak dan perpindahan material.

Hasil pengolahan Algoritma CRAFT memiliki total momen perpindahan yang lebih kecil dibandingkan dengan layout existing sehingga pada akhirnya didapatkan pengelompokkan machines dan parts yang dapat mereduksi kegiatan pemindahan bahan sebesar 44 % berdasarkan perhitungan software WinQSB dengan momen 190651,70.

Tata Letak, Algoritma CRAFT, Group Technology, Momen Perpindahan

Subjek

Skripsi
Skripsi,

Katalog

USULAN PERBAIKAN RANCANGAN TATA LETAK FASILITAS BAGIAN MACHINING PADA SMALL PRISAMTIC MACHINE CNC 2 PT DIRGANTARA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA CRAFT UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA SEPTIANITA SUROSMAN
Perorangan
MUHAMMAD IQBAL,ST.,MM; IKA ARUMPUSPITA, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini