PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR ORGANIZATIONAL FACTORS, KNOWLEDGE SHARING, DAN WORK PERFORMANCE DI PT PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN METODE SECI

VITA ARUMDANI

Informasi Dasar

112081015
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia bisnis saat ini telah memasuki era knowledge-based competitiveness, knowledge menjadi faktor penting dan penentu keberhasilan dalam persaingan. Perusahaan yang telah menerapkan knowledge management dalam praktik manajemennya adalah PT PLN (Persero). Dengan dilaksanakannya penerapan knowledge management, maka suatu hal yang mutlak bagi PT PLN (Persero) untuk mengevaluasi knowledge management yang selama ini dilaksanakan untuk mengetahui nilai dan manfaat yang ditimbulkan.

Proses evaluasi yang pernah dilakukan PT PLN (Persero) adalah dengan melihat pencapaian kegiatan knowledge management sebagai key performance indicators (KPI). Namun pada tahun 2012, kegiatan knowledge management di PT PLN (Persero) tidak lagi ditetapkan sebagai salah satu indikator dalam KPI. Oleh sebab itu, agar PT PLN (Persero) dapat terus mengevaluasi penerapan knowledge management, maka dilakukan penelitian untuk merancang indikator beserta formulasi pengukuran knoweldge management. Perancangan indikator dan formulasi ini berdasarkan variabel organizational factor, knowledge sharing yang merupakan proses inti dalam knowledge management, dan work performance. Perancangan indikator dan formulasi ini dilakukan melalui proses knowledge conversion dengan menggunakan metode SECI yang terdiri dari empat tahap yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization.

Melalui tahapan yang dilakukan pada metode SECI dihasilkan 12 indikator dan formulasi pengukuran. Setelah dilakukan perhitungan untuk setiap indikator, diperoleh indikator dengan pencapaian baik yaitu ketersediaan line extension, reward untuk implementasi karya tulis, persentase karyawan yang menjadi mentor pelatihan dan persentase karyawan yang menjadi pemateri K-sharing. Indikator dengan pencapaian sangat kurang adalah persentase karyawan yang mengakses dan meng-upload karya tulis di portal KMS PT PLN (Persero).

Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengukur pencapaian organizational factor, knowledge sharing, dan work performance terkait penerapan knowledge management PT PLN (Persero). Selain itu diharapkan pengukuran melalui indikator dan formulasi ini dapat digunakan seterusnya di PT PLN (Persero). Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan metode dan lokasi penelitian yang sama namun dengan menggunakan variabel pendukung lainnya seperti individual factors dan technology factors. organizational factor, knowledge sharing, work performance, SECI, knowledge conversion.

Subjek

Skripsi
Skripsi,

Katalog

PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR ORGANIZATIONAL FACTORS, KNOWLEDGE SHARING, DAN WORK PERFORMANCE DI PT PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VITA ARUMDANI
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, IR., MT; Ika Arum Puspita, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini