PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA BERDASARKAN KONTRIBUSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI LEMBAGA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA PADANG DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD

RHEDO RAMDHANA

Informasi Dasar

112081001
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

BKD Kota Padang sebagai salah satu badan di bawah Pemerintahan Kota Padang merupakan badan yang mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan pegawai di Pemko Padang, baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga honorer. Tugas yang diemban ini menuntut BKD Kota Padang untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkinerja baik. Keadaan ini membuat BKD Kota Padang harus mengetahui kinerja SDM yang dimilikinya secara berkala.

Pengukuran kinerja yang ada di BKD Kota Padang selama ini yaitu Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) ternyata masih memiliki banyak kekurangan dan kurang lengkap karena hanya terfokus pada pengukuran kinerja individu. Sehingga saat ini dibutuhkan suatu sistem pengukuran kinerja yang dapat menunjang itu semua demi terwujudnya visi dan misi BKD Kota Padang. Salah satu metode pengukuran kinerja SDM yang berkembang saat ini adalah metode HR Scorecard, yaitu sistem pengukuran kinerja yang menghubungkan antara pekerja, strategi perusahaan, dan kinerja melalui empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Pengukuran kinerja BKD Kota Padang diawali dengan penjabaran visi, misi, dan strategi BKD Kota Padang ke dalam sasaran strategis, faktor sukses kritis, dan tolok ukur strategis. Kemudian dilakukan pembobotan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja BKD Kota Padang. Pengukuran ini menghasilkan 17 tolok ukur strategis dengan 4 tolok ukur untuk perspektif keuangan, 5 tolok ukur untuk perspektif pelanggan, 4 tolok ukur untuk perspektif proses bisnis internal, dan 4 tolok ukur untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tolok ukur ini akan berpengaruh terhadap kinerja BKD Kota Padang. Besarnya pengaruh tolok ukur strategis bergantung pada besarnya bobot tolok ukur strategis hasil perhitungan AHP. Hasil akhir nilai kinerja BKD Kota Padang untuk perspektif keuangan adalah 3,6626 dengan kriteria baik, perspektif pelanggan 3,7426 dengan kriteria baik, perspektif proses bisnis internal 3,3913 dengan kriteria baik, dan perspektif pembelajran dan pertumbuhan 4,5767 dengan kriteria sangat baik. Sehingga secara keseluruhan nilai kinerja BKD Kota padang adalah sebesar 3,8376 dengan kriteria baik. Sumber Daya Manusia, Human Resources Scorecard, Penilaian Kinerja, Analytical Hierarchi Process (AHP)

Subjek

Skripsi
Skripsi,

Katalog

PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA BERDASARKAN KONTRIBUSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI LEMBAGA DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA PADANG DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RHEDO RAMDHANA
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Ir., MT.; Fida Nirmala Nugraha, S.Psi., M.Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini