PERANCANGAN ALAT UKUR KNOWLEDGE MANAGEMENT BERDASARKAN ORGANIZATIONAL REWARD DENGAN METODE SECI DI PT TELKOM

ARSELY TIKA FARESTI

Informasi Dasar

112080233
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi persaingan antar perusahaan bisnis saat ini telah mengandalkan konsep yang bertumpu pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu PT Telkom telah menerapkan suatu knowledge management system dalam mengelola knowledge yang dimiliki karyawan dengan nama KAMPIUN. Pentingnya performance SDM khususnya dalam bidang kompetensi, membuat PT Telkom perlu memberikan reward untuk memotivasi karyawan dan juga bentuk apresiasi perusahaan atas prestasi dan kontribusi yang dilakukan karyawan.

Organizational reward pada PT Telkom belum pernah dilakukan pengukuran. Pengukuran performance dapat dilakukan dengan melihat pencapaian target pada kegiatan knowledge management. Adanya perancangan indikator dan formulasi perhitungan akan memudahkan dalam pengukuran. Perancangan indikator dan formulasi perhitungan ini menggunakan dimensi dari Cherrington (1995), yaitu financial reward dan non-financial reward. Melalui proses knowledge conversion metode SECI yang terdiri dari empat tahap yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization diperoleh lima indikator organizational reward dan formulasi perhitungannya. Setelah dilakukan proses perhitungan, diperoleh nilai dari hasil pengukuran untuk kelima indikator keberhasilan secara keseluruhan. Pada financial reward diperoleh skor 2 yang tergolong dalam kriteria kurang memadai dan nilai yang diperoleh untuk non-financial reward dari hasil pengukuran adalah 3,4 yang tergolong dalam kriteria memadai.

Penelitian ini diharapkan dapat mengukur organizational reward pada knowledge management di PT Telkom ditinjau dari financial reward dan non-financial reward sehingga dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan metode berbeda atau pada lokasi cabang perusahaan dan dengan variabel pendukung lainnya pada pengukuran knowledge management. Reward, Organizational Reward, Knowledge Management, SECI,

Subjek

MANAGEMENT
MANAGEMENT,

Katalog

PERANCANGAN ALAT UKUR KNOWLEDGE MANAGEMENT BERDASARKAN ORGANIZATIONAL REWARD DENGAN METODE SECI DI PT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARSELY TIKA FARESTI
Perorangan
DR. LUCIANA ANDRAWINA; DEVI PRATAMI, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini