perancangan sistem penjadwalan mesin CNC H MACH CENTER MILLAC 6H untuk meminimasi makespan dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika (studi kasus PT. Dirgantara Indonesia)

iman febrian

Informasi Dasar

112080208
011.75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penjadwalan merupakan suatu langkah kritis dan hal yang penting dalam proses perencanaan produksi. Penjadwalan merupakan salah satu kegiatan dalam perencanaan produksi yang hampir dipastikan ada pada setiap kegiatan industri, baik industri barang maupun industri jasa begitu juga pada industri pesawat terbang PT. Dirgantara Indonesia (DI). Mesin CNC H. MACH. CENTER MILLAC 6H memiliki dua pallet yang membantu mesin tersebut untuk membantu dalam proses produksinya. Proses produksi yang ada pada PT. Dirgantara Indonesi khususnya pada mesin CNC H. MACH. CENTER MILLAC 6H mengalami masalah. Permasalahan yang dihadapi pada mesin ini adalah kurang optimalnya kinerja dari 2 pallet yang ada. Waktu aktual proses produksi melebihi dari waktu yang telah ditargetkan oleh perusahaan. Oleh karena itu pada penelitian ini, penulis membuat suatu penjadwalan yang dapat meminimasi makespan dengan menggunakan metode Algoritma Genetika sehingga dapat mengurangi kerugian yang dihadapi perusahaan.

Penelitian ini diawali dengan membuat penjadwalan usulan dengan menggunakan Algoritma Genetika yang dapat meminimasi makespan. Algortima Genetika adalah algoritma pencarian heuristik yang didasarkan atas mekanisme evolusi biologis.Input yang digunakan dalam penelitian ini adalah job dan operasi, waktu proses dan waktu set up, jumlah dan spesifikasi mesin yang digunakan dan beberapa parameter khusus pada Algortima genetika yaitu ukuran populasi, peluang crossover, peluang mutasi, dan maksimum generasi.
Berdasarkan hasil dari pengolahan data dan analisis yang dilakukan penjadwalan usulan dengan menggunakan metode Algoritma Genetika ini telah berhasil meminimasi makespan. Penjadwalan usulan ini dapat meminimasi makespan sebesar 17.23 % dibandingkankan kondisi aktual.
Penjadwalan, Algoritma Genetika, Pallet, Makespan

Subjek

System - analis
System - analis,

Katalog

perancangan sistem penjadwalan mesin CNC H MACH CENTER MILLAC 6H untuk meminimasi makespan dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika (studi kasus PT. Dirgantara Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

iman febrian
Perorangan
Pratya Poeri Suryadhini, ST., MT; Rino Andias Anugraha, ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini