PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR HUMAN CAPITAL BERDASARKAN DIMENSI LEADERSHIP PRACTICES, EMPLOYEE ENGAGEMENT, DAN KNOWLEDGE ACCESSIBILITY PADA CoP PT PLN (Persero) DENGAN METODE SECI

Riska Hastutiningsih

Informasi Dasar

112080123
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini dunia bisnis sudah memasuki era ekonomi berbasis pengetahuan sehingga knowledge menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan kompetisi. PT PLN (Persero) adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan knowledge management. Untuk mendukung penerapan knowledge management maka dibentuk Community of Practice (CoP). Dengan adanya pembentukan CoP, maka suatu hal mutlak bagi PT PLN (Persero) untuk mengevaluasi CoP dari sisi human capital untuk mengetahui tingkat keberhasilan human capital pada CoP. Cop yang akan dijadikan sebagai obyek adalah CoP B-m@x dan CoP Susut.

Proses evaluasi yang pernah dilakukan PT PLN (Persero) terkait CoP adalah dengan melihat pencapaian target kinerja pada masing-masing CoP, akan tetapi PT PLN belum pernah melakukan evaluasi mengenai keberhasilan human capital pada CoP. Oleh sebab itu harus dilakukan pengukuran dengan merancang indikator keberhasilan dan formulasi perhitungan agar PT PLN (Persero) dapat mengevaluasi keberhasilan human capital pada CoP. Perancangan indikator keberhasilan dan formulasi perhitungan ini menggunakan dimensi dari Pickett (2005), yaitu leadership practices, employee enggagement, dan knowledge accessibility. Perancangan indikator dan formulasi perhitungan dilakukan melalui proses knowledge conversion dengan menggunakan metode SECI yang terdiri dari empat tahap yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization.

Berdasarkan tahapan yang dilakukan pada metode SECI diperoleh 6 indikator keberhasilan human capital pada CoP dan formulasi perhitungannya. Setelah dilakukan proses perhitungan, diperoleh nilai dari hasil pengukuran untuk keenam indikator keberhasilan secara keseluruhan pada CoP B-m@x sebesar 2,6 dan tergolong dalam kriteria cukup. Sedangkan nilai yang diperoleh untuk CoP Susut dari hasil pengukuran adalah 2,1 dan tergolong dalam kriteria cukup.

Penelitian ini diharapkan dapat mengukur keberhasilan human capital pada CoP di PT PLN (Persero) ditinjau dari leadership practices, employee enggagement, dan knowledge accessibility sehingga dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan. Selain itu diharapkan pengukuran melalui indikator keberhasilan dan formulasi perhitungan ini dapat dilakukan secara berkala. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan metode yang sama untuk lokasi dan dimensi pendukung lainnya pada human capital. Community of Practice, human capital, SECI, knowledge conversion.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR HUMAN CAPITAL BERDASARKAN DIMENSI LEADERSHIP PRACTICES, EMPLOYEE ENGAGEMENT, DAN KNOWLEDGE ACCESSIBILITY PADA CoP PT PLN (Persero) DENGAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riska Hastutiningsih
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir., MT; Devi Pratami, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini