USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PADA BAGIAN MACHINING SPM CNC1 PT DIRGANTARA INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA CRAFT UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL

Youra Gustriarananda

Informasi Dasar

112080122
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur untuk memproduksi pesawat terbang dan komponen pesawat. Pada perusahaan ini terdapat bagian machining yang memproduksi part number dan komponen. Bagian SPM CNC 1 merupakan salah satu bagian yang memproduksi beberapa part number yang terdiri dari lima jenis mesin. Pada lantai produksi yang digunakan terjadi ketidakefesienan dalam penggunaannya, masih ada mesin rusak yang disimpan di lantai produksi sehingga menyebabkan kurang optimalnya penggunaan lahan produksi.

Dalam penyelesaian masalah di atas digunakan pendekatan group technology metode SLCA yang berupa pengelompokan mesin. Pengelompokan mesin ini berfungsi untuk mendekatkan mesin yang memiliki fungsi sejenis dan karakteristik serupa. Selanjutnya hasil pengelompokan ini akan dioptimalkan layout-nya dengan menggunakan algoritma CRAFT sehingga menghasilkan total momen perpindahan material yang rendah.

Dari pengelompokan yang telah dilakukan dihasilkan 2 kelompok mesin. Untuk kelompok mesin pertama terdiri dari 2 jenis mesin dan kelompok kedua terdiri dari 5 jenis mesin. Layout hasil pengelompokan dari algoritma CRAFT menunjukkan bahwa total momen perpindahan pada layout mengalami penurunan sebesar 97,8 % dari total momen perpindahan eksisiting sebesar 183.236,1 menjadi 3.739,6. Dengan melihat hasil tersebut maka penggunaan lantai produksi sudah optimal.
tata letak, group technology, algoritma CRAFT, momen

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PADA BAGIAN MACHINING SPM CNC1 PT DIRGANTARA INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA CRAFT UNTUK MEMINIMASI MOMEN PERPINDAHAN MATERIAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Youra Gustriarananda
Perorangan
Muhammad Iqbal, ST., MM; Devi Pratami, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini