Perhitungan owner estimate untuk menentukan biaya dan durasi proyek lagoon cafe sport centre menggunakan analisis harga satuan, precedence diagram method dan rancangan cost baseline dengan mempertimbangkan early start time

Reza Alvian

Informasi Dasar

112080116
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Lippo Cikarang merupakan perusahaan developers yang bergerak di bidang pembangunan, memiliki spesialisasi pada tahap perencanaan. Salah satu proyek yang menjadi target perusahaan berikutnya adalah proyek Lagoon Cafe Sport Centre yang merasa perlu untuk dilakukan penghitungan perkiraan biaya proyek yang baik serta melakukan penjadwalan proyek untuk memastikan proyek berjalan dengan baik. Untuk itu, akan dilakukan penelitian dengan sistematika pemecahan masalah yang terdiri atas tahap identifikasi, tahap penelitian awal, tahap pengumpulan dan pengolahan data, tahap analisis, dan tahap kesimpulan dan saran. Tahap identifikasi meliputi perumusan masalah dan tujuan yang ingin dicapai.

Tahap pengumpulan dan pengolahan data meliputi kegiatan proses pengumpulan data-data yang dibutuhkan, dimulai dari pembuatan Work Breakdown Structure (WBS) untuk gambaran keseluruhan semua elemen pekerjaan yang akan dihitung harga satuan dan durasinya untuk setiap kegiatan. Selanjutnya, dilakukan penjadwalan dengan menggunakan precedence diagram method dan gantt chart. Berikutnya dirancang Cost Baseline proyek dengan mempertimbangkan penjadwalan early start (ES). Hasil rancangan Cost Baseline akan memperlihatkan seberapa besar biaya yang harus dikeluakan perusahaan sehingga dapat disesuaikan dengan term of payment yang akan dirumuskan.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek ini sebesar sebesar Rp. 423.678.000,- (empat ratus dua puluh tiga juta enam ratus tujuh puluh delapan ribu), dimulai pada tanggal 1 September 2012 dan akan selesai pada tanggal 4 Januari 2013. Berdasarkan alternatif rancangan cost baseline didapat hasil rancangan berdasarkan penjadwalan early start time karena akan menguntungkan perusahaan dari segi kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan serta keleluasaan dalam mengatur pengeluaran biaya proyek. perencanaan proyek, owner estimate, analisis harga satuan, PDM, early start time, dan cost baseline.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

Perhitungan owner estimate untuk menentukan biaya dan durasi proyek lagoon cafe sport centre menggunakan analisis harga satuan, precedence diagram method dan rancangan cost baseline dengan mempertimbangkan early start time
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reza Alvian
Perorangan
G. N. Sandhy Widyasthana, ST., MBA; Devi Pratami, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini