ANALISIS PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI PENGARUH KNOWLEDGE CAPABILITY TERHADAP ORGANIZATIONAL EFFECTIVENESS DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.

MUHAMMAD RIDHA SYURGAWI

Informasi Dasar

112080114
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini merupakan Confirmatory Research dengan beberapa adaptasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh Knowledge Infrastructure Capability dan Knowledge Process Capability terhadap Organizational Effectiveness. Dimensidimensi yang digunakan adalah Culture, Structure, Technology, Acquisition, Conversion, Application, Protection, serta intrinsic dan extrinsic organizational effectiveness.

Proses pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling dalam pengumpulan data. Data yang dikumpulkan berasal dari karyawan PT. Telkom tingkat pusat, regional, cabang sebanyak 200 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 18. Validasi model dilakukan terhadap perusahaan bersama knowledge expert yang berada di divisi knowledge management.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang paling besar terhadap organizational effectiveness diwakili oleh knowledge process capability dengan nilai bobot 69 %. Knowledge infrastructure capability memberikan bobot 31% terhadap organizational effectiveness. Berdasarkan konsep knowledge process capability, dimensi application merupakan dimensi yang paling berpengaruh terhadap organizational effectiveness dengan bobot 37%. Apabila dilihat dari knowledge infrastructure capability, dimensi structure merupakan dimensi yang berpengaruh terhadap organizational effectiveness dengan bobot 41%.

Berdasarkan hasil multigroup analysis, terdapat perbedaan persepsi oleh karyawan tentang pengaruh knowledge infrastructure capability dan knowledge process capability terhadap organizational effectiveness. Perbedaan tersebut terjadi karena kurang terdistribusinya penerapan knowledge management system yang ada di PT. Telkom. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan membuat knowledge application system yang adaptif, komunikatif dan interaktif. Pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan sebuah perbaikan yang integrative terhadap PT. Telkom Head Office, Regional Offices dan Branch Offices. Knowledge infrastructure capability, knowledge process capability dan

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI PENGARUH KNOWLEDGE CAPABILITY TERHADAP ORGANIZATIONAL EFFECTIVENESS DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIDHA SYURGAWI
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir., MT; Amelia Kurniawati, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini