ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI SISTEM KAMPIUN BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE

Indriani Rezki Pratiwi

Informasi Dasar

112080105
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, perkembangan knowledge dan teknologi berjalan sangat cepat, sehingga dibutuhkan pengelolaan knowledge yang baik agar knowledge yang ada di perusahaan tidak hilang. Penelitian ini merupakan Confirmatory Research terhadap knowledge management system yang ada di PT Telkom yang diberi nama Kampiun. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh Individual Dimension, Infrastructure dan Organizational Dimension terhadap Work Performance Kampiun. Selain itu dilakukan pula pengujian pengaruh dari Work Performance Kampiun terhadap kinerja knowledge management PT Telkom dilihat dari perspektif Human Capital, Customer Capital dan Organizational Capital.

Proses pengambilan sampel berasal dari lima unit kerja yang ada di PT Telkom yaitu divisi knowledge management, Human Resource Development, Information System Centre, Competency Development dan Learning Centre sejumlah 30 responden. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square dengan software SmartPLS. Validasi model dilakukan terhadap perusahaan bersama knowledge expert yang berada di divisi knowledge management.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang paling besar terhadap Work Performance Kampiun diwakili oleh dimensi Individual Dimension dengan nilai pengaruh 57,7%. Work Performance Kampiun memberikan pengaruh paling besar kepada dimensi Human Capital sebesar 78,8%. Berdasarkan penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa faktor yang paling memengaruhi kinerja sistem Kampiun maupun faktor yang paling dipengaruhi oleh sistem Kampiun berasal dari faktor manusia yaitu Individual Dimension dan Human Capital.

Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja work performance Kampiun PT. Telkom dan dapat mempengaruhi perbaikan kinerja knowledge management di PT. Telkom untuk perspektif yang lainnya. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan menambah dimensi yang diteliti, penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran yang berbeda, penelitian dapat dilakukan di PT Telkom dengan lingkup yang lebih luas, dan penelitian dapat digunakan untuk perusahaan yang berbeda. Kampiun, Knowledge Management, Human capital, dan Partial Least Square.

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI SISTEM KAMPIUN BERDASARKAN PERSEPSI KARYAWAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indriani Rezki Pratiwi
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir., MT; Amelia Kurniawati, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini