KNOWLEDGE CONVERSION PADA PROSES PERENCANAAN PROYEK DI PT LEN RAILWAY SYSTEM UNTUK STANDARDISASI PROSES DENGAN METODE SECI

ATIKAH SAYYIDATU NISAA

Informasi Dasar

112080092
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pergeseran fondasi ekonomi dari era industri menjadi era knowledge yang dirasakan pula pada proyek. PT LEN Railway System bergerak pada pembangunan proyek pensinyalan kereta api, namun pada proses perencanaan proyek pada perusahaan tersebut masih berupa tacit knowledge (pengalaman) pekerja yang akan hilang saat pekerja tersebut sudah tidak berada di perusahaan itu lagi. Oleh karena itu, diperlukan adanya konversi knowledge pekerja yang masih berbentuk tacit knowledge menjadi knowledge yang terdokumentasikan ke dalam bentuk explicit knowledge, sehingga knowledge tersebut tersimpan di dalam perusahaan.



Pada penelitian ini kegiatan perencanaan proyek di PT LEN Railway System akan dilakukan pembuatan SOP dari best practice dari tiap aktivitas. Aktivitas-aktivitas tersebut adalah pembuatan WBS, penentuan jadwal proyek, penentuan biaya proyek, pemilihan supplier, pembuatan desain proyek dan pengadaan barang. Penelitian ini menggunakan metode SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization). Pada tahap socialization dilakukan eksplorasi data kepada pelaku proyek yang bersangkutan mengenai proses bisnis suatu aktivitas maupun tacit dan explicit knowledge dari masing-masing aktivitas. Pada tahap externalization dilakukan pendokumentasian dari hasil eksplorasi data yang berbentuk tacit knowledge menjadi explicit knowledge. Pada tahap combination dilakukan pemilihan best practice dengan menggunakan beberapa tools yaitu: untuk melakukan pemilihan kriteria menggunakan metode Delphi, untuk mengetahui bobot dari masing-masing kriteria menggunakan metode AHP dan untuk mendapatkan rating (pemilihan best practice) menggunakan metode factor rating. Best practice yang didapatkan akan dikombinasikan dengan proses aktivitas dari PMBOK. Pada tahap internalization dilakukan penginformasian kepada pekerja mengenai best practice yang telah didapatkan dari hasil penelitian.

Hasil dari kombinasi best practice dengan proses aktivitas dari PMBOK akan menjadi acuan dalam pembuatan SOP untuk tiap aktivitas perencanaan proyek. Best practice yang terpilih dari hasil perhitungan factor rating didapatkan sebagai berikut best practice pembuatan WBS adalah proses bisnis dari responden 2 dengan nilai sebesar 8,710, untuk penentuan jadwal proyek dari responden 2 dengan nilai sebesar 8,067, untuk penentuan biaya proyek dari responden 3 sebesar 9,554, untuk pemilihan supplier dari responden 1 sebesar 8,330, untuk pembuatan desain proyek dari responden 1 sebesar 8,368 dan untuk pengadaan barang dari responden 1 dengan nilai sebesar 8,195. Knowledge management, Metode SECI, Knowledge conversion.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

KNOWLEDGE CONVERSION PADA PROSES PERENCANAAN PROYEK DI PT LEN RAILWAY SYSTEM UNTUK STANDARDISASI PROSES DENGAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ATIKAH SAYYIDATU NISAA
Perorangan
AMELIA KURNIAWATI, ST., MT; DEVI PRATAMI, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini