PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR HUMAN CAPITAL PADA COMMUNITY OF PRACTICE DI PT PLN (PERSERO) DENGAN METODE SECI

YUNITA DWI KRISTIANI

Informasi Dasar

112080091
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini dunia bisnis sedang menjalani transformasi besar dari era industrial ke era knowledge yang berdampak signifikan terhadap perubahan cara-cara perusahaan mengelola individu sebagai salah satu faktor penting penentu kemenangan bisnis. PT PLN (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang menjadikan CoP sebagai salah satu pendukung penerapan knowledge management. Dengan adanya pembentukan CoP, maka perlu dilakukannya evaluasi kinerja human capital pada CoP. Untuk mengetahui kinerja human capital pada CoP di PT PLN maka perlu dilakukan pengukuran human capital dengan merancang indikator dan formulasi.

Perancangan indikator dan formulasi human capital pada CoP di PT PLN (Persero) menggunakan dimensi competence, improvement system, intellectual agility, performance, dan attitude and motivation. Perancangan indikator dan formulasi human capital ini dilakukan melalui proses knowledge conversion dengan menggunakan metode SECI yang terdiri dari empat tahap yaitu socialization, externalization, combination, dan internalization.

Melalui tahapan yang dilakukan pada metode SECI dihasilkan 6 indikator dan formulasi pengukuran kinerja human capital pada CoP. Berdasarkan hasil perhitungan di CoP Bm@x dan CoP Susut, dimensi dengan nilai kinerja tertinggi adalah dimensi competence dengan skor 4, dimensi dengan nilai kinerja terendah adalah intellectual agility dengan skor 1,67 sedangkan nilai kinerja human capital pada CoP secara keseluruhan pada tahun 2011 yaitu 2,67 untuk CoP Bm@x dan 2,42 untuk CoP Susut. Kedua nilai kinerja tersebut termasuk dalam kriteria kurang.

Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengukur kinerja human capital pada seluruh CoP di PT PLN (Persero). Selain itu diharapkan pengukuran melalui perancangan indikator dan formulasi ini dapat digunakan seterusnya untuk CoP di PT PLN (Persero). Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan metode dan lokasi penelitian yang sama namun dengan menggunakan dimensi yang berbeda seperti workforce optimization dan learning capacity. knowledge management, pengukuran, SECI, human capital,

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PENGUKURAN INDIKATOR HUMAN CAPITAL PADA COMMUNITY OF PRACTICE DI PT PLN (PERSERO) DENGAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNITA DWI KRISTIANI
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir.,MT; Devi Pratami, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini