PERANCANGAN PROSES BISNIS EVALUASI SUPPLIER STUDI KASUS : DEPARTEMEN LOGISTIK INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM

Indah Permata Sari Girsang

Informasi Dasar

112080079
658.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IT Telkom adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang memberikan layanan akademis yang berfokus dibidang telekomunikasi. IT Telkom ingin menjadi perguruan tinggi berkelas internasional pada tahun 2017 yang unggul dibidang infokom. Seiring dengan tujuan tersebut, semakin banyak jurusan baru yang dibuka oleh IT Telkom. Semakin banyak jurusan, maka semakin banyak mahasiswa yang ada yang berarti meningkatnya kebutuhan akan barang dan jasa. Kebutuhan ini seiring berjalan dengan dibutuhkannya supplier yang cukup dan mapan.

Salah satu permasalahan yang terjadi di IT Telkom adalah kecenderungan pemakaian supplier yang sama terus menerus sehingga ketergantungan terhadap supplier tertentu menjadi tinggi. Selain itu, penilaian terhadap supplier masih hanya berdasarkan hal yang strategis dan masih berupa penilaian kualitatif sehingga hasil penilaiannya cenderung subjektif. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang memungkinkan penilaian berlangsung dengan metode kuantitatif dan tersedia panduan kerja dalam pelaksanaan proses bisnis yang sesuai dengan best practice.

Metode AHP digunakan dalam proses penilaian evaluasi supplier. Salah satu keunggulan metode ini ialah dapat mengkuantisasi kriteria kualitatif sehingga penilaian menjadi lebih objektif. . Didapatkan hasil pembobotan untuk evaluasi supplier yaitu Quality System sebagai kriteria dengan bobot tertinggi dan diikuti kriteria lainnya untuk evaluasi supplier pre-selection. Sedangkan untuk evaluasi kinerja supplier, kriteria Quality memiliki bobot tertinggi yang diikuti kriteria lainnya. Selain itu, perancangan proses bisnis best practice berdasarkan pada proses bisnis referensi dari penelitian terdahulu.

Akhirnya didapatkanlah sistem evaluasi supplier dengan pendekatan logis dan sistematis yang dapat membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan. Secara fungsional, sistem ini mempermudah bagian logistik untuk mengevaluasi supplier dan mengambil keputusan. Evaluasi Supplier, AHP, Proses Bisnis

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES BISNIS EVALUASI SUPPLIER STUDI KASUS : DEPARTEMEN LOGISTIK INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indah Permata Sari Girsang
Perorangan
Wiyono, Ir., MT; Bambang Suratno, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini