PERANCANGAN LINTASAN PERAKITAN PROSES PERAKITAN PRODUK DISTRIBUTOR VALVE PADA AIR BRAKE SYSTEM DENGAN METODE TABU SEARCH DI PT.PINDAD (PERSERO)

WINDA MAYA FRESTIKAWATI

Informasi Dasar

112080064
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT PINDAD (Persero) adalah perusahaan industri manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang produk militer dan produk komersial yang salah satu produknya adalah Air Brake System atau sistem rem kereta api. Salah satu bagian dari Air Brake System adalah Distributor Valve yang terbagi menjadi tiga jenis yaitu Distributor Valve KE 0, Distributor Valve KE 1, dan Distributor Valve KE2. Proses perakitan produk terdiri dari perakitan dasar yang digunakan pada semua jenis produk dan perakitan varian yang berbeda-beda untuk tiga jenis produk tersebut. Perakitan produk ini dipecah menjadi beberapa sub assembly yang akhirnya akan bermuara pada perakitan besar untuk diselesaikan.Namun pada kenyataannya pada sistem perakitan Distributor Valve ini masih terdapat perbedaan waktu perakitan dan juga waktu tunggu yang cukup besar.

Tabu Search merupakan salah satu metode metaheuristik yang dapat digunakan untuk mencari solusi optimal dari lintasan perakitan untuk produk Distributor Valve pada Air Brake System. Berdasarkan metodologi Tabu Search yang dilakukan dimana memiliki beberapa tahapan pencarian yaitu inisialisasi parameter, menentukan inisial solusi, melakukan tes solusi, mengelompokan solusi, mencari aspirasi kreasi, menentukan aspirasi dan yang terakhir adalah menentukan solusi terbaik.

Perancangan lintasan dengan metode pencarian tabu search ini menghasilkan minimasi jumlah stasiun kerja dari sepuluh stasiun kerja menjadi enam stasiun kerja, dan juga adanya pengurangan nilai makespan dari 93.000 menjadi 32.700, dan pengurangan nilai takt time dari 85,55 menjadi 60,55. Selain itu terdapat perubahan total biaya dari 257.120 menjadi 60.885,6. Total biaya ini diperoleh dari penjumlahan total biaya pada masing-masing tipe perakitan yaitu variant assembly sebesar 45.380, basic assembly sebesar 10.317, dan unique assembly sebesar 5.188,6. Perancangan Lintasan Perakitan Modular, Keseimbangan Lintasan, Tabu Search

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN LINTASAN PERAKITAN PROSES PERAKITAN PRODUK DISTRIBUTOR VALVE PADA AIR BRAKE SYSTEM DENGAN METODE TABU SEARCH DI PT.PINDAD (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA MAYA FRESTIKAWATI
Perorangan
Dr. DIDA DIAH DAMAYANTI, Ir, M.Eng;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini