Perancangan Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Website sebagai Alata Bantu Ajar Programmable Logic Controller(PLC) Siemens S7-1200 di Keprofesian Automasi Institut Teknologi Telkom

Dimas Hadiyan Adiluhung

Informasi Dasar

112080044
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keprofesian Automasi Fakultas Rekayasa Industri Institut Teknologi Telkom memiliki 10 unit PLC Siemens S7-1200. Siemens adalah market leader PLC di industri tetapi merupakan brand yang kurang familiar di dunia pendidikan. Ketersediaan sumber belajar PLC Siemens masih terbatas sedangkan proses belajar akan efektif dan efisien apabila didukung dengan ketersediaan materi yang komprehensif dan tersusun dengan baik. Tugas akhir ini fokus pada penyusunan materi yang komprehensif dan perancangan E-learning sebagai alat bantu ajar PLC Siemens S7-1200 di Keprofesian Automasi Fakultas Rekayasa Industri Institut Teknologi Telkom.

Penelitian diawali dengan perumusan masalah dan penentuan objektif, menganalisis kebutuhan aplikasi, materi, dan user. Hasil analisis menjadi referensi dalam perancangan konten dan website. Konten terbagi menjadi dua jenis, yaitu teori dan studi kasus. Teori diharapkan menambah pengetahuan anggota keprofesian tentang PLC Siemens S7-1200 dan menjadi modal untuk mengerjakan studi kasus ladder diagram yang merupakan kasus yang dapat ditemukan di industri. Level user akan berbeda-beda tergantung dari berapa kasus yang dapat dipecahkan. Konten dikemas dalam bentuk video dan animasi flash. Web E-learning dibangun dengan pemrograman PHP dan database MySQL.

Evaluasi dilakukan dengan memberikan pre-test, lalu responden menyimak materi E-learning dan mengerjakan post-test. Hasil evaluasi menunjukan adanya kenaikan nilai rata-rata pada post-test. Dapat disimpulkan bahwa E-Learning meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai PLC Siemens S7-1200.

Kata kunci: automasi, PLC, ladder diagram, E-learning

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

Perancangan Electronic Learning (E-Learning) Berbasis Website sebagai Alata Bantu Ajar Programmable Logic Controller(PLC) Siemens S7-1200 di Keprofesian Automasi Institut Teknologi Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dimas Hadiyan Adiluhung
Perorangan
Haris Rachmat ST.,MT; Rino Andias Anugraha ST.,MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini