PERANCANGAN APLIKASI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC LOT SIZING PADA PT SIMNU UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN

Santo Yosua Manurung

Informasi Dasar

112080032
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT SIMNU merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi synthetic leather. Bahan baku yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bahan baku obat penyusun plastisol yang jenisnya sangat beragam dan tingkat kebutuhannya tidak menentu dan perencanaan yang kurang baik dalam penentuan ukuran pemesanan bahan baku. Dampak dari hal tersebut ialah tingginya jumlah persediaan obat di gudang yang kapasitasnya terbatas bahkan terdapat bahan baku obat yang disimpan di luar gudang. Oleh karena itu diperlukan manajemen persediaan yang baik di dalam penanganan bahan baku tersebut.

Teknik lot sizing algoritma wagner-within diusulkan dalam upaya pemecahan masalah yang terjadi di PT SIMNU. Teknik lot sizing algoritma wagner-within menggunakan pendekatan menguji semua cara pemesanan yang mungkin dalam memenuhi kebutuhan bersih untuk setiap periode produksi dengan jalan meminimasi total biaya pemesanan dan biaya simpan.

Berdasarkan hasil perhitungan dengan teknik lot sizing algoritma wagner-within, didapatkan total biaya persediaan tahun 2011 sebesar Rp 227.483.294 dengan penghematan 11,19% dari total biaya persediaan existing. Selain itu, didapatkan perencanaan jumlah dan interval pemesanan di tahun 2012 untuk setiap bahan baku obat yang menjadi fokus penelitian.

Guna membantu pengendalian bahan baku obat di PT SIMNU, dari perhitungan dengan teknik lot sizing algoritma wagner-within dibuat sebuah sistem aplikasi dengan menggunakan tools Macro yang terdapat pada Microsoft Excel 2007. Persediaan, Algoritma Wagner-Within, Macro Micosoft Excel 2007, Jumlah Pemesanan, Interval Pemesanan.

Subjek

INDUSTRIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC LOT SIZING PADA PT SIMNU UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Santo Yosua Manurung
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir., MEng; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini