Usulan Program Retensi Pelanggan Money Remittance Delima di Kota Bandung Berdasarkan Customer Switching Intention

Annisa Kusumawati

Informasi Dasar

112080031
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam era modern sekarang ini, hampir seluruh aspek kehidupan membutuhkan uang. Semakin canggihnya teknologi, mendorong perpindahan uang secara cepat. Delima adalah produk PT Telkom yang bergerak dalam jasa pengiriman uang domestik dan sebagai pemain baru (new entrant) dalam bisnis ini. Melihat fenomena bahwa terjadi peningkatan pertumbuhan bisnis money remittance di Asia Pasifik, mengakibatkan persaingan pada bisnis ini relatif ketat. Pada tahun 2011 terjadi fluktuasi jumlah transaksi Delima. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi Delima karena kemungkinan adanya churn pelanggan dari satu penyedia jasa ke penyedia jasa lainnya pun dapat terjadi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variabel price, satisfaction, alternative attractiveness, switching cost, dan trust terhadap variabel customer switching intention serta merumuskan rekomendasi program retensi pelanggan untuk mengantisipasi tingkat churn.

Tahap pertama dalam penelitian ini adalah melakukan studi pustaka dan studi literatur untuk merancang kuesioner. Kemudian penyebaran kuesioner kepada 66 pelanggan Delima di Bandung dengan teknik judgement sampling. Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda, didapatkan persamaan garis regresi dengan variabel price, satisfaction, dan trust yang berpengaruh secara signifikan terhadap niat pelanggan untuk berpindah layanan.

Rekomendasi program retensi pelanggan dirumuskan berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, benchmarking kepada pesaing, serta depth interview kepada pelanggan dan perusahaan. Rekomendasi program retensi yang diusulkan pada penelitian ini adalah integrasi notifikasi sms ke penerima, menjadi sponsorship dari suatu event, menjalin kerjasama dengan bank, penambahan aplikasi acak lokasi pada web, pengadaan call center, pemberian bonus poin, dan pelayanan after sales service.

churn, customer retention, Delima Telkom

Subjek

Management - business
 

Katalog

Usulan Program Retensi Pelanggan Money Remittance Delima di Kota Bandung Berdasarkan Customer Switching Intention
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Annisa Kusumawati
Perorangan
Mumu Natapriatna ., Ir., MBA; Maria Dellarosawati., ST,MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini