Analisis Positioning GrooviaTV Berdasarkan Perceptual Mapping Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS) (Studi Kasus : PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.)

Resty Ghienoer Sophiadesy

Informasi Dasar

112080023
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

GrooviaTV sebagai kategori produk baru di Indonesia, mengintegrasikan teknologi berbasis internet . GrooviaTV menggunakan jaringan internet Speedy dalam pengoperasiannya untuk dapat mengakses layanan yang ditawarkan. Dalam bisnis provider TV Berbayar , tidak terlepas dari masalah persaingan yang semakin ketat, salah satunya adalah jumlah provider TV berbayar di Indonesia yang terus meningkat. GrooviaTV perlu melakukan posi tioning yang tepat agar dapat diterima oleh masyarakat. Untuk m engantisipasi hal tersebut , maka perlu bagi PT . Telekomunikasi Indonesia, Tbk sebagai perusahaan yang membuat produk GrooviaTV untuk me lakukan evaluasi terhadap pelayanan yang telah diber ikan kepada pelanggan, agar dapat memenangkan persaingan dari penyedia layanan TV Berbayar lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi positioning dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan oleh GrooviaTV . Dengan perceptual mapping berdasarkan metode multidimensional scalling, diharapkan dapat memberikan informasi gambaran posisi GrooviaTV pada pasar layanan TV Berbayar. Dalam mengevaluasi strategi positioning, dilakukan dengan p enentuan persepsi dan preferensi melalui perceptual mapping dengan metode multidimensional scalling. Hasil perceptual mapping antar provider TV Berbayar, didapatkan berdasarkan

empat atribut yang berasal dari pertimbangan

pertimbangan yang menjadi faktor dalam keputusan pemilihan provider TV berbayar, ya itu atribut kualitas layanan, tarif dan kemudahan penggunaan layanan, pelayanan paket dan kemudahan bertransaksi, promosi dan garansi

Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang sedang atau pernah menggunak an layanan TV berbayar. Selanjutnya, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan analisis faktor dan dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif meliputi uji reliabilita s dan multidimen sional scaling .

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 4 atribut yang dibandingkan yaitu atribut kualitas layanan, tarif dan kemudahan penggunaan layanan, pelayanan paket dan kemudahan bertransaksi, promosi dan garansi terhadap provider TV b erbayar lainnya . GrooviaTV dipreferensikan berada jauh dari merek provider l ayanan TV berbayar yang lainnya, mencerminkan bahwa tingkat kemiripannya berbeda dengan merek provider l ayanan TV berbayar yang sudah ada sebelumnya. Perumusan rekomendasi perbaikan posisi GrooviaTV dilakukan berdasarkan posisi GrooviaTV pada perceptual map. Dengan begitu , rumusan rekomendasi sebagai usulan perbaikan akan membuat pelanggan menjadi semakin mudah mengetahui perbedaan layanan yang di miliki provider layanan TV b erbayar GrooviaTV .

P ersepsi, P referensi, P ositioning, M ultidimensional S caling , Televisi Berbayar, GrooviaTV

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Positioning GrooviaTV Berdasarkan Perceptual Mapping Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS) (Studi Kasus : PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Resty Ghienoer Sophiadesy
Perorangan
Nurul Hermina, Dra.,MM; Sari Wulandari, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini