ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK DI CV. SARI TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT

Yudhitia Nugraha

Informasi Dasar

112071102
670
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Sari Teknik merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam memproduksi peralatan dan komponen yang dibutuhkan untuk industri semen. Dalam upaya mempertahankan eksistensinya di pasar industri, maka perusahaan harus mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi perusahaan. Pada kondisi existing lantai produksi perusahaan, terdapat permasalahan yang menyebabkan tidak efisiennya tata letak fasilitas yang ada, seperti jarak perpindahan material yang cukup jauh. Ketidakefisienan tersebut berdampak pada tingginya frekuensi aktivitas material handling.

Perancangan ulang tata letak fasilitas merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi CV. Sari Teknik. Pada penelitian ini, tata letak fasilitas dirancang dengan berdasarkan tipe tata letak proses, dimana kriteria yang digunakan adalah minimasi nilai momen perpindahan material. Perancangan tata letak fasilitas usulan yang lebih efisien dilakukan dengan menggunakan algoritma CRAFT yang terdapat pada software WinQSB versi 2. Selain itu, diperlukan pembuatan model dan simulasi untuk membandingkan kinerja dari sistem produksi pada tata letak fasilitas existing dan usulan, dengan menggunakan bantuan software ProModel 2001.

Dengan dilakukannya penelitian ini, diperoleh rancangan tata letak fasilitas usulan yang lebih efisien, dimana hal tersebut dapat dilihat dari reduksi nilai momen perpindahan material sebesar 39.50% dibandingkan dengan tata letak fasilitas existing. Selain itu, dengan dilakukannya perbandingan kinerja menggunakan model dan simulasi, maka didapatkan peningkatan produktivitas produksi sebesar 27.95%. Sehingga rancangan tata letak fasilitas usulan mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi perusahaan.

Tata letak, Algoritma CRAFT, Momen perpindahan, Simulasi

Subjek

Manufacturing - management
 

Katalog

ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PABRIK DI CV. SARI TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yudhitia Nugraha
Perorangan
Budi Sulistyo, Ir., MT; Muhammad Iqbal, ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini