EVALUASI KELAYAKAN BISNIS JASA PELAYANAN KESEHATAN TERPADU PT. WIDYA BHAKTI INTI

GEA PRITA SRIKANDI

Informasi Dasar

112071083
338.761
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang harus terus dikembangkan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan di suatu daerah. Setiap tahun penduduk di Kota Bandung terus mengalami peningkatan dengan tingkat pertumbuham penduduk sekitar 1,5% pertahun. Dengan makin bertambahnya penduduk di Kota Bandung menuntut ditambahnya proses pelayanan kesehatan, sedangkan jumlah fasilitas kesehatan yang tersedia di Kota Bandung masih kurang mencukupi.

Oleh karena itu perbaikan di bidang kesehatan perlu terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan. PT. Widya Bhakti Inti merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan, salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh perusahaan adalah Poliklinik Widya Bhakti Inti. Saat ini poliklinik tersebut belum memiliki fasilitas yang lengkap sehingga menyebabkan tingginya biaya rujukan yang harus dikeluarkan dan sejak tahun 2009 sampai 2010 jumlah pasien umum yang datang jumlahnya hanya sedikit, oleh karena itu PT. Widya Bhakti Inti ingin melakukan evaluasi kelayakan atas strategi pengembangkan fasilitas Poliklinik Widya Bhakti Inti menjadi sebuah bisnis jasa Pelayanan Kesehatan Terpadu (PKT) yang bersifat one-stop health care services guna memperluas pasar.

Dari hasil penelitian didapatkan besar pasar sasaran yang didapat sebesar 27,4% atau sebanyak 3.316 pasien umum, dari hasil analisis aspek finansial didapat nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp.2.260.565.033,-; nilai Internal Rate of Return (IRR) 35,5% dengan nilai Minimum Average Rate of Return (MARR) sebesar 19,7% dan Payback Period (PBP) yaitu selama 2 tahun 3 bulan yang yang lebih cepat dari periode investasi selama 5 tahun. Dengan pencapaian nilai tersebut maka pengembangan bisnis ini dikatakan layak untuk dijalankan.

Widya Bhakti Inti, Pelayanan Kesehatan, Evaluasi Kelayakan.

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

EVALUASI KELAYAKAN BISNIS JASA PELAYANAN KESEHATAN TERPADU PT. WIDYA BHAKTI INTI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GEA PRITA SRIKANDI
Perorangan
CHRISTANTO TRIWIBISONO, Ir., MM; MURAHARTAWATY, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini