USULAN PENGEMBANGAN LAYANAN E–MONEY CHANGER DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA KECEBONGBUGIL.COM

Bayu Prasetyo

Informasi Dasar

112071081
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekarang ini, jumlah konsumen yang melakukan pembelian secara online semakin banyak. Hal ini dikarenakan kemudahan, kenyamanan, serta harga yang ditawarkan online shop relatif lebih murah. Oleh karena itu, pengembangan sistem pembayaran yang ditawarkan online shop pun semakin beragam dan salah satu diantaranya yaitu dengan menggunakan e-money. E-money merupakan produk stored value atau prepaid dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronik yang dimiliki seseorang. Untuk mendapatkan sejumlah e-money, maka dibutuhkan e-money changer yang merupakan suatu jasa yang menawarkan penukaran uang konvensional menjadi e-money. Banyak online shop yang menyediakan jasa e-money changer ini dan salah satunya yaitu Kecebongbugil.com. Dengan banyaknya online shop yang menawarkan jasa yang sama, Kecebongbugil.com harus melakukan pengembangan maupun perbaikan kualitas layanan untuk memberikan keunggulan kompetitif agar dapat mengatasi persaingan yang ada. Dalam melakukan pengembangan maupun perbaikan kualitas layanan di Kecebongbugil.com tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik pelayanan serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhinya.

Tahap pertama yang dilakukan dalam pengembangan kualitas layanan e-money changer ini yaitu mengidentifikasi kebutuhan konsumen dengan melakukan wawancara. Dari hasil wawancara didapat 8 atribut kebutuhan yang memengaruhi konsumen. Kemudian tahap berikutnya adalah penyebaran kuesioner kepada 45 orang konsumen yang pernah menggunakan layanan e-money changer Kecebongbugil.com dan juga layanan e-money changer kompetitor untuk mengetahui nilai tingkat kepentingan dan nilai tingkat kepuasan dari ke 8 atribut kebutuhan yang telah didapat dari hasil wawancara. Pada tahap pengolahan data, didapatkan karakteristik teknis yang merupakan tahapan QFD iterasi pertama. Dari hasil iterasi pertama tadi didapatkan 9 prioritas pengembangan berdasarkan target yang belum terpenuhi.

Untuk tahap berikutnya adalah iterasi kedua dari QFD yaitu part deployment. Pada tahap ini didapat 6 prioritas pengembangan yang didapat dari target critical part yang belum terpenuhi. Prioritas pengembangan tadi dijadikan sebagai dasar dalam merumuskan rekomendasi untuk mengembangkan kualitas layanan e-money changer Kecebongbugil.com. Beberapa rekomendasi akhir yang diberikan dalam pengembangan kualitas layanan e-money changer Kecebongbugil.com diantaranya yaitu penambahan jumlah operator, penetapan shift kerja, penambahan channel layanan operator, penambahan jenis rekening, pembuatan paspor yang legal, memenuhi persyaratan website yang layak, menambah stok e-money, pembuatan formulir online, dan menambah jenis promo. Quality Function Deployment, Online shop, Pelayanan, E-money changer.

Subjek

SERVICE MANAGEMENT-QUALITY
 

Katalog

USULAN PENGEMBANGAN LAYANAN E–MONEY CHANGER DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA KECEBONGBUGIL.COM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bayu Prasetyo
Perorangan
Dr. Yati Rohayati;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini