ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANUFACTURING DATA RECORD (MDR) DENGAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL UNTUK MEMINIMASI PENGGUNAAN KERTAS KERJA DI PT MULTI FABRINDO GEMILANG

INTAN KUN WINARNINGTYAS

Informasi Dasar

112071027
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa strata tingkat akhir yang ingin menyelesaikan kuliahnya di setiap program studi Institut Teknologi Telkom.

Berdasarkan proses bisnis yang sekarang ini digunakan oleh PT Multi Fabrindo Gemilang ditemukan beberapa masalah, antara lain lamanya pembuatan Manufacturing Data Record (MDR), adanya penumpukkan produk di workshop akibat dari tertundanya pengiriman produk yang harus menunggu selesainya MDR, serta masalah penggunaan kertas kerja yang sebenarnya dapat diminimasi. Masalah yang diangkat pada tugas akhir ini adalah penggunaan kertas kerja dalam pembuatan MDR.

Masalah tersebut diselesaikan dengan merancang sistem informasi yang mampu meminimasi penggunaan kertas kerja, serta mampu menyimpan, menampilkan, menghapus, mengirimkan, mencetak dan mencari MDR yang tersimpan di database tanpa harus mencari satu per satu di ruangan arsip.

Perancangan sistem informasi tersebut menggunakan disain berorientasi objek dengan metode iterative dan incremental dan perangkat pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML), yaitu bahasa visual untuk pemodelan dan komunikasi mengenai sebuah sistem dengan menggunakan diagram dan teks–teks pendukung. Tujuannya adalah untuk memahami perilaku sistem yang akan dirancang dengan lebih detail, menspesifikasikan, menggambarkan, dan dokumentasi dari sistem perangkat lunak.

Hasil yang dicapai setelah dilakukan perbaikan terhadap proses bisnis dengan menerapkan sistem informasi yaitu berkurangnya penggunaan kertas kerja sebanyak 69,87%. Selain itu pembuatan MDR menjadi lebih mudah dan lebih singkat.

Kata Kunci : Kertas Kerja , Sistem Informasi, UML.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MANUFACTURING DATA RECORD (MDR) DENGAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL UNTUK MEMINIMASI PENGGUNAAN KERTAS KERJA DI PT MULTI FABRINDO GEMILANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTAN KUN WINARNINGTYAS
Perorangan
PRATYA POERY SURYADHINI, ST., MT.; SENO ADI PUTRA, S.Si., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini