Usulan Perbaikan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Kimia PT. Indonesia Power UBP Priok Dengan Metode Economic Order Quantity

Rizky Amelia

Informasi Dasar

112071024
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Indonesia Power merupakan salah satu perusahaan penghasil listrik di Indonesia. Dalam menghasilkan diperlukan beberapa bahan kimia untuk merubah air laut menjadi air murni. Total biaya persediaan aktual masih sangat tinggi karena tidak berdasarkan perhitungan yang pasti. Sehingga perusahaan menginginkan dapat memenuhi persediaan bahan kimia tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Saat ini yang terjadi di perusahaan adalah perencanaan pengadaan bahan kimia masih berdasarkan perkiraan saja. Selain itu perusahaan belum mempunyai safety stock sehingga dikhawatirkan perusahaan dapat mengalami kekurangan persediaan bahan kimia. Oleh karena itu, sistem pengandalian persediaan yang diusulkan, diharapkan dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk persediaan bahan kimia.

Perencanaan persediaan yang dilakukan menggunakan metode Economic Order Quantity. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan metode tersebut, maka total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan yaitu sebesar Rp 2,321,718,321 , sehingga perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp 703,967,081 . Selain itu dihitung juga waktu pemesanan, reorder point, dan juga safety stock. Safety stock yang diperoleh berdasarkan service level yang menghasilkan biaya yang paling kecil. Berdasarkan perhitungan biaya maka service level yang dipilih untuk memenuhi safety stock adalah 90%. Economic Order Quantity, Safety Stock, Reorder Point.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Perbaikan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Kimia PT. Indonesia Power UBP Priok Dengan Metode Economic Order Quantity
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizky Amelia
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT.; Pratya Poeri S, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini