Analisis Karakteristik Pengguna Smartphone Blackberry Berdasarkan Model Pendekatan VALS 2

Fika Deningtyas

Informasi Dasar

112071013
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Globalisasi menyebabkan teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat. Alat komunikasi dengan teknologi informasi yang canggih semakin banyak di pasaran, salah satunya adalah smartphone. Kehadiran smartphone tidak lagi semata-mata berfungsi sebagai alat komunikasi yang mendukung dalam bekerja, tetapi telah merambah ke gaya hidup. Jumlah pengguna smartphone senantiasa meningkat setiap tahunnya. Smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia adalah Blackberry. Namun, penjualan Blackberry di dunia kini mulai mengalami penururan, dan bahkan mulai tersaingi oleh smartphone dengan platform Android dan iPhone. Untuk menghindari hal tersebut di pasar Indonesia, maka perlu dilakukan penelitian terhadap gaya hidup pengguna Blackberry untuk menganalisis karakteristik pengguna, sehingga dapat menentukan kebutuhan fitur pengguna Blackberry.

Untuk menganalisis karakteristik pengguna Blackberry, digunakan segmentasi psikografi dengan model pendekatan VALS 2. VALS 2 memiliki 2 dimensi utama, yaitu resources dan self-orientation. Untuk mendapatkan data, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 262 kuesioner kepada pengguna Blakberry, tetapi hanya 250 kuesioner yang layak diolah. Setelah data diolah, didapatkan 24 tipologi pengguna Blackberry yang terdiri dari tipe primer dan tipe sekunder. Dari tipologi ini kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kebutuhan fitur pengguna Blackberry.

Dari analisis, dihasilkan kebutuhan fitur pengguna Blackberry. Fitur-fitur tersebut adalah internet browsing, social network, instant messaging, multimedia, dan application store. Setelah mengidentifikasi kebutuhan, selanjutnya dilakukan rekomendasi pengembangan fitur-fitur tersebut. VALS 2, Segmentasi Psikografis, Gaya hidup

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Analisis Karakteristik Pengguna Smartphone Blackberry Berdasarkan Model Pendekatan VALS 2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fika Deningtyas
Perorangan
Dr. Yati Rohayati, Ir., MT.; Rahmasari Nung Yulianti, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini