Analisis Implementasi Green Productivity pada Tray Foldable di CV Mendong Jaya

Fita Fatimah Okisana

Informasi Dasar

112070228
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Mendong Jaya merupakan home industry yang memiliki sebuah komitmen internal dalam proses produksinya, yaitu untuk mengurangi dampak lingkungan dan memelihara ekosistem pedesaan. Namun dalam kenyataannya, dalam proses produksinya masih dihasilkan limbah, terutama limbah cair yang berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas dan kinerja lingkungan.

Permasalahan utama yang diselesaikan di CV Mendong Jaya pada proses produksi Tray Foldable adalah limbah cair buangan sisa proses finishing yang berdampak pada menurunnya kinerja lingkungan dan tingkat produktivitas Tray Foldable di CV Mendong Jaya.

Green Productivity merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat produktivitas sekaligus kinerja lingkungan. Berdasarkan metodologi Green Productivity yang dilakukan, pemilihan alternatif dilakukan dengan menghitung estimasi tingkat produktivitas, indeks EPI, dan Green Productivity Ratio untuk tiap masing – masing alternatif. Dari hasil pemilihan tersebut, solusi terbaik yang dapat dijadikan usulan perbaikan adalah alternatif 3, yaitu pemakaian bahan finishing water based dan penggunaan penyemprot HPLV (High Pressure, Low Volume). Keuntungan yang didapatkan CV Mendong Jaya dengan alternatif 3 ini adalah peningkatan Green Productivity Index yang ditunjukkan Green Productivity Ratio sebesar 1.25, tingkat produktivitas sebesar 0.05% dan menghasilkan biaya penghematan Rp 20,636.5 untuk setiap satu unit Tray Foldable.

Produktivitas, Kinerja Lingkungan, Green Productivity, Green

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Analisis Implementasi Green Productivity pada Tray Foldable di CV Mendong Jaya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fita Fatimah Okisana
Perorangan
Pratya Poeri S., ST., MT.; Mira Rahayu ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini