PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN POLIKLINIK WIDYA BHAKTI INTI MENGGUNAKAN METODE QUALITTY FUNCTION DEPLOYMENT

ADRIELLA SELFIANI

Informasi Dasar

112070226
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Poliklinik Widya Bhakti INTI merupakan poliklinik yang dimiliki oleh PT INTI dan terbuka untuk masyarakat umum. Target poliklinik untuk melayani masyarakat umum dan karyawan untuk akhir tahun 2010 memiliki persentase 50% dan 50%, tetapi kenyataannya target tidak tercapai. Ini dapat dilihat dari persentase masyarakat umum sebanyak 2,68% sedangkan persentase karyawan sebesar 97,32%. Selain itu, terdapat pula keluhan-keluhan dari pasien mengenai kualitas pelayanan poliklinik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan berdasarkan atribut-atribut kebutuhan yang diinginkan oleh pasien yang ditentukan oleh customer requirement, technical requirement, dan critical part.

Peningkatan kualitas pelayanan poliklinik Widya Bhakti INTI dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Dimensi yang digunakan dalam penelitian terdiri atas lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Setiap dimensi memiliki atribut kebutuhan yang berasal dari wawancara secara langsung kepada pasien, diterjemahkan ke dalam karakteristik teknis dan critical part.

Dari hasil wawancara kepada tiga puluh orang responden didapatkan 26 atribut kebutuhan yang menjadi harapan dan keinginan dari pasien. Kemudian atribut-atribut dirancang menjadi kuesioner. Untuk mengetahui kualitas dari pesaing maka dilakukan benchmark kepada poliklinik St. Borromeus. Dari hasil brainstorming kepada pihak manajer poliklinik Widya Bhakti INTI dan penurunan atribut kebutuhan ke dalam karakteristik teknis didapatkan 16 karakteristik teknis dengan jumlah critical part sebanyak 19. Dari hasil voice of customer atau customer requirement diperoleh nilai raw weight tertinggi yaitu kelengkapan obat-obatan di apotek (6.46), technical requirements dan critical part yang memiliki persentase kontribusi terbesar yaitu kualitas dokter (21.2%) dan tingkat kemampuan dokter (18.19%).

Quality Function Deployment (QFD), kualitas pelayanan

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN POLIKLINIK WIDYA BHAKTI INTI MENGGUNAKAN METODE QUALITTY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADRIELLA SELFIANI
Perorangan
MUHAMMAD IQBAL, ST., MM.; AMELIA KURNIAWATI, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini