ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM KEMASAN CUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT. PALASARI TIRTA SINDANGLAYA

REZA FAIZAL GINANJAR

Informasi Dasar

112070222
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Palasari Tirta Sindanglaya adalah sebuah Perusahaan yang bergerak dalam bidang air minum dalam kemasan (AMDK). Sudah empat tahun perusahaan ini berkecimpung dalam industri air minum. Masalah utama yang ada pada perusahaan ini adalah tingginya nilai produk cacat yang ada pada perusahaan. Nilai cacat yang tinggi ini sudah ada sejak perusahaan baru berdiri, di awal berdirinya perusahaan nilai cacat produk berada di kisaran 9% sedangkan perusahaan menetapkan target hanya 1% saja produk cacat yang boleh dihasilkan oleh perusahaan.

Untuk mengendalikan kulitas produk yang dihasilkan PT. Palasari Tirta Sindanglaya, maka dilakukan penelitian terhadap pengendalian kualitas dengan menggunkan metode Six Sigma, dimana metode ini fokus terhadap perbaikan nilai cacat untuk mencapai kesempurnaan (3.4 DPMO) dan stabilitas proses pada suatu perusahaan. Tahapan yang dilakukan dalam implementasis six sigma sampai pada tahap improve. Dimulai dari tahapan define yaitu menetukan objek six sigma dan mengidentifikasi CTQ. Lalu dilakukan pengukuran stabilitas dan kapabilitas proses pada tahap measure. Setelah itu dilakukan analisis terhadap akar penyebab masalah pada tahapan analyze dan di tahap terakhir yaitu improve dilakukan usulan perbaikan terhadap akar penyebab masalah tersebut.

Dari hasil penelitian didapatkan CTQ kunci yaitu, kesesuaian kemasan, kekedapan kemasan, dan kesesuaian air. Sementara itu stabilitas proses dari perusahaan masih belum stabil karena masih banyak proses yang Out of Control. Selain itu kapabilitas prosesnya pun masih dikisaran 3.739? dan memiliki nilai DPMO 12854 nilai tersebut masih jauh dari nilai 6?. Setelah dilakukan analisis terhadap akar penyebab masalah, didapatkan beberapa akar penyebab masalah, yaitu kesalahan pelemparan, bidang miring yang keras, kurang teliti, tergesa-gesa, kurang cermat, dan kurang pemeriksaan. Berdasarkan akar penyebab masalah tersebut maka usulan yang dapat diberikan adalah merancang bidang miring, menambah frekuensi pemeriksaan, penerapan reward and punishment. Six Sigma, CTQ (Critical to quality)

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM KEMASAN CUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT. PALASARI TIRTA SINDANGLAYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA FAIZAL GINANJAR
Perorangan
Dr.Dida Diah Damayanti; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini