Perancangan Sistem Distribusi RC di KPBS Pangalengan Menggunakan Algoritma Savings

Debby Agnes M

Informasi Dasar

112070201
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

KPBS Pangalengan merupakan salah satu Koperasi Peternak Susu terbesar di Indonesia yang berada di Kabupaten Bandung. Anggota koperasi ini mencapai 7000 peternak. Salah satu kegiatan KPBS adalah mendistribusikan pakan ternak untuk peternak yakni Ransum Concentrate (RC). Oleh karena itu, KPBS perlu menetapkan kebijakan distribusi yang efektif dengan keterbatasan kendaraan yang dimiliki serta biaya yang seminimum mungkin. Jumlah kendaraan yang dimiliki KPBS adalah 7 Truk Fuso dan Colt Diesel dengan jumlah Tempat Pelayanan Konsumen (TPK) sebanyak 30 tempat.

Permasalahan yang dialami KPBS ini dikategorikan dalam permasalahan Vehicle Routing Problem (VRP). Metode penyelesaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Savings. Konsep dasar dari metode ini dengan menggabungkan dua TPK ke dalam satu rute. Data input yang diperlukan adalah data jarak antar TPK dan demand setiap TPK. Melalui pengolahan data jarak, akan didapatkan nilai penghematan kombinasi pasangan TPK yang dijadikan acuan untuk menggabungkan TPK ke dalam satu rute yang mempertimbangkan demand sehingga tidak melebihi kapasitas kendaraan

Pengolahan data dilakukan dengan 2 cara, cara pertama adalah tanpa menaikkan kapasitas kendaraan dan cara kedua adalaha menaikkan kapasitas angkut kendaraan. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Algoritma Savings tanpa menaikkan kapasitas kendaraan, diperoleh 1 – 4 TPK dapat tergabung ke dalam satu rute distribusi. Penggunaan kendaraan dapat dihemat hingga 58 kali, dengan selish jarak tempuh 4711.132 dan penghematan biaya sebesar Rp 104.257.362. Sedangkan hasil pengolahan data menggunakan Algoritma Savings dengan menaikkan kapasitas kendaraan adalah tergabungnya 6-8 TPK ke dalam satu rute untuk setiap bulan. Dalam menggunakan Algoritma Savings, selama tahun 2010 jumlah penggunaan kendaraan dapat dihemat sebanyak 711 kali dengan selisih jarak tempuh 8744,65 km dan penghematan biaya mencapai Rp 215.286.000,00.

Algoritma Savings, TPK, Distribusi

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Perancangan Sistem Distribusi RC di KPBS Pangalengan Menggunakan Algoritma Savings
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Debby Agnes M
Perorangan
Mira Rahayu ST,. MT; Pratya Poeri S ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini