Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Produksi Job Shop di Tool Machining Shop (Studi kasus PT. Dirgantara Indonesia)

Sari Fazri N

Informasi Dasar

112070195
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Dirgantara Indonesia adalah salah satu BUMN yang bergerak dalam industri pesawat terbang di Indonesia. Bentuk produk yang bervariasi disebabkan oleh proses operasinya yang bervariasi juga atau disebut job shop. Produk yang dihasilkan berdasarkan pesanan dari pelanggan contonya produk pembuat part Casa di tool machining shop mengalami masalah. Waktu yang direncanakan oleh perusahaan untuk membuat produk lebih dari target. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah membuat penjadwalan dengan metode algoritma genetika untuk meminimasi makespan.

Input untuk algoritma genetika adalah job dan operasi, mesin yang digunakan, waktu operasi, dan beberapa parameter yaitu ukuran populasi, peluang crossover, peluang mutasi, dan maksimum generasi. Proses pembuatan jadwal dengan algoritma genetika seperti proses evolusi individu dalam dunia nyata.

Berdasarkan perhitungan dan analisis yang telah dilakukan maka jadwal yang dihasilkan mampu meminimasi makespan sebesar 16.68624 % atau sebesar 3.41 jam pada bulan Desember 2010.

Job Shop, Makespan, dan Algoritma genetika

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Produksi Job Shop di Tool Machining Shop (Studi kasus PT. Dirgantara Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sari Fazri N
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti; Riza Agustiansyah, ST., M.Kom
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini