KNOWLEDGE CONVERSION PADA KEGIATAN PASCA PRAKTIKUM DI LABORATORIUM FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI IT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SECI

ARIANDI FAJRIN

Informasi Dasar

112070175
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan pasca praktikum di laboratorium Fakultas Rekayasa Industri terdiri dari kegiatan input nilai, praktikum susulan, rekap honor asisten, dan rekrutasi asisten baru. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda di setiap laboratorium Fakultas Rekayasa Industri berdasarkan pengalaman masing-masing asisten. Dengan demikian, perlu diketahui best practice dari setiap kegiatan untuk dijadikan acuan dalam menyeragamkan pelaksanaan kegiatan pasca praktikum di laboratorium Fakultas Rekayasa Industri.

Penelitian ini menggunakan metode knowledge conversion yaitu SECI. Metode ini memiliki empat tahapan dalam melakukan konversi pengetahuan, yaitu Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization. Pada penelitian ini diperoleh tacit knowledge mengenai kegiatan pasca praktikum di laboratorium Fakultas Rekayasa Industri yang didapat dari wawancara dengan asisten laboratorium. Tacit knowledge yang didapat kemudian diolah menjadi dokumen proses bisnis pada kegiatan pasca praktikum di seluruh laboratorium Fakultas Rekayasa Industri. Hasil dari penelitian ini adalah best practice yang berbentuk Standard Operation Procedure (SOP) untuk masing-masing proses bisnis yang dilakukan pada kegiatan pasca praktikum di laboratorium Fakultas Rekayasa Industri.

Berdasarkan knowledge conversion yang dilakukan menggunakan metode SECI, didapatkan best practice untuk kegiatan input nilai dimiliki oleh laboratorium SISJAR, best practice untuk kegiatan praktikum susulan dimiliki oleh laboratorium SIPO, best practice untuk kegiatan rekap honor asisten dan rekrutasi asisten baru dimiliki oleh laboratorium GARTEK. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan lain dalam menentukan best practice pada tahap combination. tacit knowledge, explicit knowledge, metode SECI, best practice, Standard Operation Procedure (SOP).

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

KNOWLEDGE CONVERSION PADA KEGIATAN PASCA PRAKTIKUM DI LABORATORIUM FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI IT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SECI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIANDI FAJRIN
Perorangan
AMELIA KURNIAWATI, ST., MT; MURAHARTAWATY, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini