Perancangan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisistion) System Untuk EMS (Energy Management System) Dengan Menggunakan Industrial Application Server Di Gedung Fakultas Elektronika Dan Komunikasi IT Telkom

Rizki Arifiandi

Informasi Dasar

112070165
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk melakukan proses pengawasan dan pengendalian suatu proses industri pada suatu perusahaan. SCADA merupakan hasil integrasi dari komponen-komponen automasi, Human Machine Interface (HMI), dan sistem akuisisi data.

Pengimplementasian SCADA di perusahaan manufaktur masih dilakukan secara standalone yaitu satu SCADA pada satu PC, namun ini akan menimbulkan masalah ketika perusahaan akan berkembang semakin besar setiap tahunnya. Dengan berkembangnya perusahaan maka semakin besar pula kebutuhan akan hardware dan software yang digunakan. Biaya lisensi akan naik secara drastis jika sistem pengendalian dan pengawasan masih menggunakan sistem standalone karena biaya lisensi dihitung berdasarkan jumlah tagname yang digunakan, baik memory tag ataupun I/O tag.

Pada penelitian ini akan merancang suatu sistem SCADA berbasis client server menggunakan software Industrial Application Server (IAS) sehingga dengan adanya sistem SCADA berbasis client server ini dapat menjadi pemecahan masalah yang terdapat pada SCADA yang bersifat standalone. Dalam perancangan sistem tersebut, diawali dengan mengetahui proses existing penggunaan AC di seluruh lantai gedung FEK IT TELKOM sebagai studi kasus, terdapat tiga lantai yang akan dibuat sistem pengendalian dan pengawasan.

Hasil penelitian ini adalah suatu sistem SCADA berbasis client server dengan memanfaatkan IAS yang berhasil dirancang. Pemanfaatan software Industrial Application Server (IAS) dapat mengurangi biaya lisensi sebesar 23 % dibandingkan dengan sistem berbasis standalone. Pada sistem SCADA berbasis client server yang dibuat operator dapat melakukan proses pengawasan dan pengendalian secara desentralisasi maupun secara sentralisasi. Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), Industrial Application Server (IAS), Standalone, Client Server.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Perancangan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisistion) System Untuk EMS (Energy Management System) Dengan Menggunakan Industrial Application Server Di Gedung Fakultas Elektronika Dan Komunikasi IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Arifiandi
Perorangan
HARIS RACHMAT ST., MT; RINO ANDIAS ANUGRAHA ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini