PERANCANGAN DAN SIMULASI TATA LETAK FASILITAS PABRIK DI PT. SATYA SUMBA CEMERLANG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT

Nurlina Humaira

Informasi Dasar

112070159
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Satya Sumba Cemerlang merupakan perusahaan tekstil yang memproduksi benang berwarna dan kain yang jumlah produksi dan jenisnya bergantung dari pesanan customer atau disebut dengan make to order. Untuk menghadapi persaingan baik nasional maupun global, selain dengan meningkatkan kualitas produk, perusahaan juga harus mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di lantai produksi. Produktivitas dan efisiensi dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan volume produksi dan menurunkan biaya produksi terutama yang berkaitan dengan tata letak atau disebut dengan ongkos material handling.
Pada kondisi eksisting, perusahaan belum memiliki tata letak yang efisien. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan jarak perpindahan yang panjang antara proses yang saling berhubungan, banyak operator yang bekerja bolak-balik atau terjadi backtracking, dan penempatan posisi-posisi mesin yang tidak berurutan sesuai proses produksi. Hal tersebut menyebabkan besarnya aktivitas material handling yang berpengaruh terhadap ongkos material handling.

Salah satu cara untuk memperbaiki ketidakefisienan tata letak dan memperbaiki aliran proses produksi yakni dengan cara perbaikan dan perancangan ulang tata letak fasilitas pabrik yang dapat meminimasi aktivitas material handling sehingga ongkos material handling pun berkurang. Pada penelitian ini tipe tata letak yang digunakan adalah tata letak produk dengan menempatkan posisi mesin berdasarkan departemen, yang bertujuan untuk meminimalkan total ongkos material handling. Algoritma yang digunakan adalah algoritma CRAFT yang membutuhkan input data berupa biaya perpindahan material (perkalian jarak, frekuensi dan ongkos material handling permeter). Setelah itu dilakukan simulasi untuk membandingkan tata letak eksisting dengan usulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan, pada tata letak usulan dapat mereduksi ongkos material handling sebesar 51,3% dibandingkan dengan tata letak eksisting. Pengurangan ongkos material handling ini berbanding lurus dengan berkurangnya biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan. Selain itu, hasil simulasi tata letak usulan tersebut dapat meningkatkan produksi sebesar 20,1% untuk cones benang warna dan 23,6% untuk kain. Dengan demikian tata letak usulan dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.
Tata letak, Algoritma CRAFT, Ongkos Material Handling, Simulasi.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN DAN SIMULASI TATA LETAK FASILITAS PABRIK DI PT. SATYA SUMBA CEMERLANG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurlina Humaira
Perorangan
Budi Sulistyo, Ir,. MT; Muhammad Iqbal,ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini