PERANCANGAN PROSES SELEKSI ASSESSMENT CENTER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT TELKOM

PUTRI ERA RIZKITA

Informasi Dasar

112070149
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) merupakan perusahaan penyelenggara bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media and Edutainmet) yang terbesar di Indonesia Telkom perlu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan konsumen agar dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan. Salah satu cara yang digunakan PT.Telkom dalam mendukung pengembangan SDM adalah dengan cara assessment center.
Namun terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses seleksi calon peserta assessment center yaitu proses pemilihan kandidat dilakukan secara manual, proses ini memiliki kelemahan yaitu tidak adanya pembobotan yang jelas pada setiap kriteria yang akan dijadikan penilaian, selain itu karena proses dilakukan secara manual menggunakan Microsoft excel, sangat beresiko terhadap timbulnya subjektivitas serta human error yang tinggi. Melihat kondisi seperti ini, diperlukan suatu sistem penentuan prioritas kriteria yang akurat dan objektif agar mempermudah perusahaan dalam melakukan proses seleksi serta mengurangi tingkat subjektivitas pihak-pihak terkait.
Salah satu metode pengambilan keputusan yang digunakan dalam pemilihan kriteria prioritas adalah dengan menggunakan Analytical Hiarechy Process (AHP). Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan menentukan kriteria, menyusun hirarki, lalu menyebarkan kuesioner pada responden yang dianggap ahli dalam permasalahan terkait, dalam hal ini responden expert yang dipilih yaitu karyawan dari divisi HR policy yaitu divisi yang menentukan kebijakan serta kriteria yang digunakan. Dari hasil pengolahan kuesioner, didapat bobot nilai P&K sebesar 0.4985, riwayat pendidikan 0.1969, penilaian atasan 0.1484, usia band posisi 0.11809 dan bobot usia assessment sebesar 0.03803.
Pada akhirnya didapatlah sistem penentuan prioritas kriteria yang membuat proses seleksi lebih terstruktur. Lalu untuk membantu proses pemilihan calon peserta dibuatlah sebuah aplikasi agar proses seleksi lebih akurat, objektif dan mengurangi human error.
Assessment, Seleksi, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES SELEKSI ASSESSMENT CENTER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI ERA RIZKITA
Perorangan
WARIH PUSPITASARI Spsi,. Mpsi; YULI ADAM PRASETYO ST,. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini