Perancangan Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Teknologi RFID Card Dengan Menggunakan Metode Waterfall Di Puskesmas Bihbul Kabupaten Bandung

Hersa Dwi Yanuarso

Informasi Dasar

112070146
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Puskesmas Bihbul berkewajiban melakukan sebagian upaya kesehatan yang dibebankan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Jumlah pasien yang menggunakan layanan kesehatan Puskesmas Bihbul mencapai 16.206 jiwa dari jumlah penduduk kecamatan Margahayu berjumlah 72.601 jiwa. Sampai saat ini, Puskesmas Bihbul masih menggunakan kartu pasien yang ditulis secara manual (tulis tangan). Selain itu, data-data (rekam medik) penyakit pasien dalam sistem informasi puskesmas masih dicatat dalam buku-buku. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya pembukuan dan kertas-kertas sehingga kurang praktis apabila dilakukan pencarian data-data kesehatan dan obat-obat pasien untuk pengobatan. Oleh karena itu, diperlukan adanya perbaikan proses bisnis puskesmas serta perancangan sistem informasi kesehatan berbasis teknologi RFID Card dengan menggunakan metode Waterfall di Puskesmas Bihbul.

Penggunaan metode Waterfall di Puskesmas Bihbul dimulai dengan cara pemodelan sistem informasi menggunakan peralatan RFID Card, analisis kebutuhan perangkat lunak yang didapat dari observasi dan verifikasi, perancangan aplikasi dengan menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0, penulisan program dengan bahasa pemrograman Visual Basic, pengujian aplikasi serta pemeliharaan aplikasi oleh beberapa user.

Adapun dari hasil penelitian ini didapat data analisis proses bisnis dan perhitungan waktu proses bisnis eksisting dan usulan untuk setiap jenis pelayanan kesehatan. Terjadi peningkatan prosentase dari perhitungan waktu eksisting dan usulan, seperti: Pendaftaran pasien baru efisiensi waktu siklus eksisting 20,84% dan usulan 31,86%; Pendaftaran pasien lama efisiensi waktu siklus eksisting 17,49% dan usulan 46,4%; Pengobatan pasien (bagian umum) eksisting 89,81% dan usulan 91,8%; Pengambilan obat eksisting 16,41% dan usulan 16,58%. Proses Bisnis, Sistem Informasi, RFID Card.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Teknologi RFID Card Dengan Menggunakan Metode Waterfall Di Puskesmas Bihbul Kabupaten Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hersa Dwi Yanuarso
Perorangan
Rd. Rohmat Saedudin, ST., MT.; Riza Agustiansyah, ST., M.Kom.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini