Analisis Jumlah Produksi di PT.Agronesia "Inkaba" Menggunakan Metode Break Even Point

Janar Nur Rohmiati

Informasi Dasar

112070142
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menghadapi persaingan yang ketat di dunia bisnis saat ini, setiap perusahaan harus dapat mengelola bisnis dengan baik. Persaingan yang ketat ini memotivasi setiap perusahaan memperoleh keuntungan yang besar. Aspek keuangan merupakan aspek penting dalam suatu perusahaan. Salah satu dari bagian dari aspek keuangan adalah biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan produk. Dalam menentukan keputusan dan menetapkan harga jual produk perlu adanya perencanaan biaya produksi. Dengan biaya produksi dapat diketahui kapan perusahaan mengeluarkan biaya dan memperoleh pendapatan yang sama besarnya. Untuk menentukan itu, maka digunakan metode break even point untuk mengetahui jumlah produk dan jumlah rupiah pendapatan perusahaan saat mencapai titik impas.

Penelitian ini menggunakan sumber kepustakaan, data keuangan dan wawancara. Sumber kepustakaan digunakan sebagai referensi untuk dipelajari dan dijadikan landasan teori suatu permasalahan, pengamatan, dan pemecahan permasalahan. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode break even point dengan metode aljabar. Data keuangan dan wawancara digunakan untuk melakukan perhitungan break even point dan membuat aplikasi.

Hasil penelitian dari perhitungan break even point untuk lima periode yang dilakukan menunjukkan titik impas PT. Agronesia “Inkaba” setiap tahunnya mengalami kenaikan. Dari lima periode yang dilakukan perhitungan, pada tahun 2006 dan tahun 2007 perusahaan mencapai titik impas untuk produksi produk linolium. Dan tiga periode pada tahun 2008, tahun 2009 dan tahun 2010 tidak mencapai titik impas. Oleh karena itu, perhitungan titik impas perlu dilakukan perusahaan sebelum melakukan pengambilan keputusan jumlah produk. Sehingga perusahaan dapat mengetahui titik impas perusahaan, kemudian kebijakan penentuan produk impas yang diambil berdasarkan kemampuan dan kinerja keuangan perusahaan. Untuk dapat mencapai titik impas hingga mendapatkan keuntungan maka perlu melakukan penjualan hingga melebihi titik impas.

Perhitungan titik impas disarankan oleh penulis agar dilakukan perusahaan, karena dengan titik impas perusahaan dapat mempertimbangan keadaan dan kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu, penulis membuat alat bantu berupa aplikasi perhitungan sederhana untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan perhitungan titik impas. biaya siklus hidup, biaya tetap, biaya variabel, harga jual, titik impas.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Analisis Jumlah Produksi di PT.Agronesia "Inkaba" Menggunakan Metode Break Even Point
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Janar Nur Rohmiati
Perorangan
Hendratno. SE., Akt., MM; Mumu Natapriatna. Ir., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini