PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN KECEBONGBGUIL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

YUNIZAR FAHLEVI

Informasi Dasar

112070108
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini, jumlah penggemar pada fotografi analog semakin bertambah banyak. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya mendapatkan peralatan fotografi analog melalui online shop. Perusahaan Kecebongbugil memiliki lini bisnis yaitu Kecebongbugil Store yang juga turut berkecimpung dalam penyediaan peralatan – peralatan fotografi analog dan memanfaatkan media online sebagai basis utama penjualannya. Dengan banyaknya online shop yang menjual produk sejenis, Kecebongbugil Store harus melakukan pengembangan maupun prebaikan kualitas layanan untuk memberikan keunggulan kompetitif agar dapat mengatasi persaingan yang ada. Suatu pelayanan dalam dunia e-commerce harus memperhatikan beberapa aspek seperti kemudahan pelanggan dalam melakukan pemesanan dan pembayaran, kemudian informasi yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan kenyataan, dan juga kecepatan barang yang dikirim ke pelanggan. Sering kali muncul permasalahan dalam sistem pelayanan e-commerce yang diberikan oleh perusahaan. Untuk mengetahui permasalahan mengenai pelayanan yang dihadapi oleh Kecebongbugil Store tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Metode ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik pelayanan serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhinya. Dengan menggunakan metode QFD diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan.
Dalam mengidentifikasi kebutuhan data yang untuk mendapatkan voice of customer dilakukan dengan wawancara secara langsung kepada pelanggan Kecebongbugil Store. Kemudian tahap berikutnya adalah penyebaran kuesioner kepada 31 pelanggan yang pernah menggunakan layanan Kecebongbugil Store dan juga kompetitor untuk mengetahui nilai tingkat kepentingan dan nilai tingkat kepuasan dari ke 12 atribut kebutuhan Kecebongbugil Store. Pada tahap pengolahan data, didapatkan karakteristik teknis yang merupakan tahapan QFD iterasi pertama dan dipilihi tujuh atribut untuk kemudian dijadikan prioritas dalam pengembangan. Prioritas tersebut didapatkan berdasarkan nilai ketujuh ranking terbesar yang sudah mewakili 50% dari total nilai karakteristik teknis.
Untuk tahap berikutnya adalah iterasi kedua dari QFD yaitu part deployment. Pada tahap ini didapat 11 prioritas pengembangan yang didapat dari target critical part yang belum terpenuhi. Prioritas pengembangan tadi dijadikan sebagai dasar dalam merumuskan rekomendasi untuk mengembangkan kualitas layanan ecommerce Kecebongbugil Store. Beberapa rekomendasi akhir yang diberikan dalam pengembangan kualitas layanan e-commerce Kecebongbugil Store diantaranya yaitu menambah jumlah karyawan, menambah frekuensi restock barang perbulan, memberikan training dan buku panduan kerja mengenai standar pelayanan, cara menetapkan standar waktu maksimal pengiriman, menetapkan SOP untuk pengecekan barang sebelum dikirim. Kinerja, Pelayanan, Quality Function Deployment

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE PADA PERUSAHAAN KECEBONGBGUIL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNIZAR FAHLEVI
Perorangan
BUDI PRAPTONO. IR., MM;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini