PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN WAKTU PENYELESAIAN PESANAN DAN ESTIMASI ONGKOS PRODUKSI PADA PT. INTI PINDAD MITRA SEJATI (IPMS)

Lucky Zulkarnain

Informasi Dasar

112070094
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. IPMS merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dengan beberapa jenis produksi salah satunya adalah memproduksi produk dengan berbahan dasar plastik. Tipe produksi dari unit plastik PT. IPMS adalah bersifat make to order. Tipe produksi yang bersifat make to order adalah tidak memproduksi produk secara massal, tetapi hanya memproduksi sesuai dengan permintaan dan spesifikasi konsumen saja.

Bagi perusahaan yang bersifat make to order, penentuan waktu penyelesaian produksi adalah bagian yang sangat penting dalam tahapan perencanaan produksi. PT. IPMS belum mempunyai perencanaan produksi dengan baik sampai saat ini. Masalah tersebut dapat dilihat pada tahun 2010, sebanyak tiga pesanan dari tiga puluh dua pesanan yang diterima PT. IPMS mengalami keterlambatan dalam penyelesaian pesanan.

Selain itu, proses perhitungan ongkos produksinya pun masih dilakukan dengan berdasarkan intuisi. Dampaknya adalah harga jual produk yang ditawarkan oleh PT. IPMS seringkali tidak kompetitif sehingga beberapa kali PT.IPMS tidak dapat memenangkan tender. Pada tahun 2011, PT. IPMS hanya berhasil mendapatkan tiga tender dari delapan kali lelang yang diikuti sepanjang tahun.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan yang sesuai dengan kondisi perusahaan untuk membantu perusahaan dalam menentukan waktu penyelesaian produksi dan menghitung ongkos produksi yang diintegrasikan dengan sistem pendokumentasian produksi.

Dengan menggunakan sistem usulan ini, perusahaan dapat menentukan waktu penyelesaian produksi pesanan dan menghitung ongkos produksi dengan cepat dan akurat sehingga dapat memperbaiki sistem yang ada. sistem pendukung keputusan, waktu penyelesaian pesanan, ongkos

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN WAKTU PENYELESAIAN PESANAN DAN ESTIMASI ONGKOS PRODUKSI PADA PT. INTI PINDAD MITRA SEJATI (IPMS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lucky Zulkarnain
Perorangan
Dr. Dida Dyah Damayanti; Seno Adi Putra S.Si., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini