Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Balanced Scorecard di PT Samudera Industri

Arini Endayati

Informasi Dasar

112070075
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.Samudera Industri merupakan perusahaan pemasok barang setengah jadi dan barang jadi untuk industri garment maupun industri rumahan. Di era globalisasi yang ditunjang oleh perkembangan teknologi yang pesat, inovasi tiada henti, dan perkembangan pengetahuan, Perusahaan-perusahaan dituntut bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik. Begitu halnya dengan PT.Samudera Industri yang dituntut untuk menghasilkan kekayaan finansialnya secara optimal, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan membutuhkan pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh.

Selama ini PT.Samudera Industri melakukan pengukuran kinerja hanya berdasarkan aspek finansial saja. Pengukuran tersebut belum memberikan penilaian secara keseluruhan terhadap aspek yang ada diperusahaan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard . Metode ini mengukur kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.

Pengukuran kinerja PT.Samudera Industri diawali dengan penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategis, critical success factor serta indikator keberhasilan. Lalu kemudian dilakukan pembobotan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP), selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja ini menghasilkan 14 buah indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Besarnya pengaruh indikator keberhasilan perusahaan bergantung pada besarnya bobot indikator hasil perhitungan AHP. Pengukuran kinerja keseluruhan dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap perspektif. Hasil akhir nilai kinerja PT.Samudera Industri secara keseluruhan adalah 4,309 dengan kategori penilaian baik. Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP),

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Balanced Scorecard di PT Samudera Industri
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arini Endayati
Perorangan
Agus Achmad Suhendra Ir.,MT; Warih Puspitasari S.Psi.,M.Psi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini