PERANCANGAN PROSES SELEKSI KARBOL TINGKAT DAERAH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI TNI ANGKATAN UDARA (Implementasi : Pengembangan Aplikasi Seleksi Karbol Tingkat Daerah)

Susana Setya Widi Martyaningrum

Informasi Dasar

112070065
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

TNI Angkatan Udara merupakan tentara yang menjadi alat pertahanan Negara melalui udara. Setiap tahunnya TNI Angkatan Udara melaksanakan proses penerimaan personil salah satunya adalah Karbol yang nantinya akan menjadi perwira dimana perwira bertindak sebagai pengambil keputusan. Namun dengan kriteria seleksi yang ada sekarang ternyata masih ditemukan adanya kecelakan pesawat yang mengindikasikan adanya kesalahan dalam menjalankan pekerjaan dimana sumber daya manusia yang menjalankan pekerjaan tersebut salah satunya bersumber dari lulusan Karbol. Sehingga dilakukan penelitian mengenai kriteria yang dipakai dalam seleksi Karbol dengan metode AHP sebagai salah satu metode dalam pengambilan keputusan dengan cara menguraikan kriteria untuk mencapai tujuan tertentu dan membobotkannya. Dari hasil pengolahan data dengan metode AHP didapatkan bahwa kriteria yang memiliki prioritas tertinggi sampai yang terendah adalah kriteria pribadi personil dengan bobot 0,24, kemudian psikologi dan kesehatan mempunyai prioritas yang sama besarnya yaitu dengan bobot 0,23. Kemudian kriteria akademik dengan bobot 0,15 dan yang terakhir adalah kriteria kesamaptaan jasmani dan postur dengan bobot sebesar 0,14. Dari hasil pengolahan data tersebut didapatkan kesimpulan bahwa kriteria pribadi personil merupakan kriteria yang paling penting dalam pemilihan Karbol tingkat daerah. Kemudian dibangun sebuah aplikasi yang dimodelkan dengan DFD dan ER dan dikonstruksi dengan PHP dan MySQL untuk membantu dalam pemilihan calon karbol terutama pada seleksi tingkat daerah serta dapat membatu dalam penyusunan kriteria yang diperlukan dalam seleksi karbol tingkat daerah sehingga diharapkan didapatkan calon Karbol yang berkualitas. Penilaian dilakukan dengan mengalikan nilai pendaftar dengan bobot kriteria dan subkriteria sehingga dapat diketahui pendaftar dengan nilai tertinggi untuk dijadikan rekomendasi penerimaan pada saat sidang akhir sehingga dapat membantu didapatkannya calon karbol yang berkualitas Aplikasi, Seleksi, AHP

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES SELEKSI KARBOL TINGKAT DAERAH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI TNI ANGKATAN UDARA (Implementasi : Pengembangan Aplikasi Seleksi Karbol Tingkat Daerah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Susana Setya Widi Martyaningrum
Perorangan
Murahartawaty, ST.,MT; Yuli Adam Prasetyo, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini