Penjadwalan Job shop untuk Meminimasi Makespan dengan Menggunakan Metode Neuro Fuzzy

Sukarno

Informasi Dasar

112070002
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penjadwalan merupakan hal yang penting dalam sistem produksi. Berbagai masalah dapat timbul karena penjadwalan yang dilakukan dengan cara yang tidak tepat, seperti waktu penyelesaian produksi yang terlalu lama, keterlambatan dari due date yang telah ditentukan, dan idle mesin. Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas, efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya fasilitas merupakan hal yang harus diperhatikan oleh PT. PINDAD. Dengan penjadwalan yang tepat, masalah keterlambatan penyelesaian job atau makespan yang besar dapat dihindari. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis membuat suatu penjadwalan yang menggunakan metode neuro fuzzy sehingga dapat mengurangi makespan.

Berdasarkan kondisi existing yang ada, makespan yang dihasilkan untuk menyelesaikan produk Kapal Navigasi DM.30/MI/X/006 cukup besar. Penjadwalan usulan dengan metode neuro fuzzy bertujuan untuk menentukan urutan job yang optimal sehingga dapat menghasilkan makespan yang lebih kecil dari makespan existing. Penjadwalan usulan ini diawali dengan proses fuzzy kemudian dilanjutkan proses pembelajaran sehingga terjadi perubahan parameter pada fungsi keanggotaannya dan didapatkan nilai average training error. Untuk memperoleh urutan penjadwalan yang optimal dilakukan dengan testing data, dari beberapa testing data dipilih nilai average testing error yang paling kecil dan mendekati training data.

Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan neuro fuzzy diperoleh kesimpulan bahwa penjadwalan job dengan menggunakan metode neuro fuzzy telah berhasil dibuat dan dapat mengurangi makespan. Penjadwalan usulan ini menghasilkan makespan sebesar 18060 menit atau sekitar 301 jam, lebih kecil dibandingkan penjadwalan existing yang menghasilkan makespan sebesar 21285 menit, atau sekitar 354,75 jam. Jadi terjadi penurunan makespan sebesar 15,15152%. penjadwalan, neuro fuzzy, makespan

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Penjadwalan Job shop untuk Meminimasi Makespan dengan Menggunakan Metode Neuro Fuzzy
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sukarno
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti; Alfian Akbar Gozali, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini