PERANCANGAN LAPORAN PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CUSTOM QUERY PADA SISTEM SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION) DENGAN MEMANFAATKAN ACTIVE FACTORY DAN GENERIC DATA GRID (Studi Kasus : Simulator pengolahan susu UHT)

SANG PUTU SURYANJAYA

Informasi Dasar

112061049
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan penggunaan teknologi otomasi pada perusahaanperusahaan manufaktur menuntut untuk selalu diadakan pengembangan teknologi otomasi yang dapat membuat sistem menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk saat ini, pengembangan yang biasa dilakukan adalah pada bagian produksi yang bertujuan untuk mempermudah proses pengendalian dan pemantauan dari proses produksi yang sedang berlangsung. Namun, disisi lain ternyata pihak manajemen juga membutuhkan adanya pengembangan teknologi otomasi yang dapat membantu dalam mempercepat memperoleh data proses khususnya data yang bersifat real time. Pengembangan teknologi yang dimaksud adalah penggunaan metode Custom Query untuk mendapatkan laporan proses produksi dengan memanfaatkan Active Factory dan Generic Data Grid pada sebuah SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition).

SCADA adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan sistem pengendalian dan pemantauan serta basis data pada suatu proses produksi. Sedangkan Active Factory adalah suatu software client bagi Wonderware’s Intouch yang didesain untuk membantu dalam menampilkan data proses produksi baik data masa lalu maupun data yang bersifat real time yang diambil dari database SQL Server.

Pada penelitian ini akan difokuskan dalam pengembangan otomasi perancangan laporan proses produksi dengan menggunakan metode Custom Query serta memanfaatkan Active Factory dan Generic Data Grid pada sebuah SCADA untuk mendapatkan data proses secara cepat, efektif dan efisien

Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, dengan menggunakan metode Custom Query yang memanfaatkan Active Factory dan Generic Data Grid telah berhasil dirancang laporan proses produksi pada sistem SCADA. Dan untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian yang menggunakan Active Factory dengan memberikan laporan secara online yang terintegrasi menggunakan sebuah website. Otomasi, SCADA, Active Factory, Generic Data Grid, Report dan Tagname

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN LAPORAN PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE CUSTOM QUERY PADA SISTEM SCADA (SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION) DENGAN MEMANFAATKAN ACTIVE FACTORY DAN GENERIC DATA GRID (Studi Kasus : Simulator pengolahan susu UHT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SANG PUTU SURYANJAYA
Perorangan
Haris Rachmat ST., MT.; Mamat Rokhmat ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini