EVALUASI DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI DI PT PUSRI DENGAN MODEL TRANSPORTASI

MUSTIKA SARI DEWI

Informasi Dasar

112061034
631.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT PUSRI adalah salah satu perusahaan pupuk yang diberi tanggung jawab untuk melakukan distribusi pupuk bersubsidi. Pada penelitian ini hanya terfokus pada distribusi pupuk bersubsidi wilayah pemasaran Jawa Barat.

Perusahaan memanfaatkan tiga gudang supply point dimana kebutuhan untuk setiap kabupaten/kota dialokasikan langsung dari gudang tersebut dengan kondisi bahwa masing-masing gudang mengalokasikan sesuai dengan permintaan dari tiap-tiap kabupaten/kota. Penelitian ini sendiri diajukan untuk mengkaji pola alokasi distribusi pupuk yang lebih baik sehingga biaya pengiriman dapat diminimumkan.

Model transportasi adalah model yang digunakan untuk mencegah masalah pengalokasian dan penentuan biaya minimum dalam pendistribusian produk dari beberapa sumber kebeberapa tujuan agar dicapai biaya optimal, dan pola distribusi yang relevan untuk diaplikasikan serta diperoleh keuntungan maksimum.

Penentuan alokasi distribusi yang optimum dengan model transportasi ini diawali dengan membuat matriks transportasi yang nantinya akan digunakan sebagai masukan dalam perhitungan pada software WinQSB. Setelah itu, software WinQSB menjalankan programnya untuk mencari solusi alokasi distribusi yang optimum dengan biaya yang minimum.

Biaya distribusi yang telah dikeluarkan PT Pusri untuk bulan Januari – April 2010 adalah sebesar Rp 2.033.650.650,-, sedangkan biaya distribusi yang dikeluarkan apabila menggunakan model transportasi untuk bulan Januari – April 2010 adalah sebesar Rp 2.025.320.700,-, sehingga penghematan yang didapatkan sebesar Rp 8.329.950,-. Distribusi, Model Transportasi

Subjek

AGRICULTURE
 

Katalog

EVALUASI DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI DI PT PUSRI DENGAN MODEL TRANSPORTASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUSTIKA SARI DEWI
Perorangan
DR. DIDA DIAH DAMAYANTI; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini