analisis kinerja penggunaan softswitch dalam jaringan telekomunikasi di pt. telekomunikasi indonesia network regional jakarta

wisnu prassetio

Informasi Dasar

112061032
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi telekomunikasi yang terus berkembang dan berubah sesuai kebutuhan yang diinginkan, menuntut penyedia telekomunikasi untuk terus meningkatkan pelayanannya. PT. Telkom sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, juga melihat perkembangan teknologi tersebut sebagai acuan untuk peningkatan kualitas layanan yang diberikan. Next Generation Network menjadi isu yang cukup menarik dalam perkembangan layanan telekomunikasi saat ini. Ini tidak lepas dari adanya pergeseran dari circuit switched menuju packet switched, yang mendorong penyedia layanan untuk menggunakan suatu perangkat berbasis IP (Internet Protocol). Softswitch sebagai bagian dari NGN sebagai salah satu perangkat yang mendukung perkembangan tersebut, telah digunakan oleh PT. Telkom sejak tahun 2004.

Kinerja jaringan telekomunikasi tidak lepas dari parameter – parameter pengukuran kinerja. Untuk voice ada Answer Seizure Ratio, Mean Holding Time Seizure dan Occupancy. Sementara untuk packet data ada Jitter, Delay dan Packet Loss. Salah satu indikator dalam kinerja adalah kemampuan dalam menangani panggilan selama jam sibuk. Busy Hour Call Attempts merupakan parameter kemampuan penanganan atau call processing dari suatu sistem switch yang juga umum digunakan dalam jaringan TDM. Tetapi perhitungan BHCA masih relevan untuk softswitch, karena jenis layanan yang diukur masih sama yaitu voice.

Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis terhadap kinerja voice softswitch PT. Telkom yang melayani 4 jenis koneksi yaitu Local Exchange, Trunk Exchange, Fix Wireless Access dan Other License Operator. Selain mengukur layanan voice softswitch, dalam tugas akhir ini mengukur juga kinerja packet data dalam koneksi ip subnet pair, serta Quality of Service dari layanan voice softswitch.

Next Generation Network, Softswitch, Quality of Service

Subjek

Technological innovations - production
 

Katalog

analisis kinerja penggunaan softswitch dalam jaringan telekomunikasi di pt. telekomunikasi indonesia network regional jakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

wisnu prassetio
Perorangan
Rd. Rohmat Saedudin, ST., MT;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini