PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KONSUMEN DALAM PENILAIAN PERANGKAT PONSEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Bayu Rima Aditya

Informasi Dasar

112060190
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan masyarakat akan informasi memang sudah berkembang sangat pesat. Pesatnya perkembangan kebutuhan informasi ini menyebabkan masyarakat membutuhkan adanya teknologi informasi. Dengan kata lain dewasa ini semakin banyak kebutuhan masyarakat terhadap suatu sistem berbasis teknologi informasi, termasuk bagi para pengambil keputusan yang membutuhkan keterlibatan yang tinggi, seperti konsumen untuk produk ponsel. Setiap konsumen memiliki kebutuhan akan ponsel yang berbeda-beda, sehingga faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam proses pengambilan keputusannya pun berbeda untuk setiap konsumen.

Untuk mendukung proses pengambilan keputusan konsumen menjadi optimal, maka dibuat suatu sistem pendukung keputusan dalam penilaian perangkat ponsel dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem yang berjalan Web-Sever ini akan membantu konsumen melakukan proses pengambilan keputusan dengan menggunakan model keputusan analitik yang akan menghasilkan alternatif pilihan ponsel dan nilai total ponsel sesuai dengan hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode AHP. Pada akhirnya konsumen dapat melakukan proses pemilihan ponsel yang paling sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Penelitian ini dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas konsumen berupa tampilan visual ketika konsumen membuat diagram hirarki pengambilan keputusan. Selain itu konsumen sebaiknya diberikan kebebasan dalam menentukan kriteria dan subkriteria yang akan menjadi pertimbangan konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Sistem Pendukung Keputusan, dan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

SYSTEM DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KONSUMEN DALAM PENILAIAN PERANGKAT PONSEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bayu Rima Aditya
Perorangan
Wiyono Ir, MT; Marina Yuliana L, Ir., Msi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini