PERBAIKAN PERFORMANSI KNOWLEDGE MANAGEMENT DARI PERSPEKTIF HUMAN CAPITAL DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.

EFI RIANA SARI

Informasi Dasar

112060174
001.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia industri bisnis yang sangat kompetitif sekarang ini menuntut para perusahaan untuk adaptif, inovatif, dan mengambil keputusan yang tepat agar dapat bertahan. Hal tersebut mendorong munculnya kebutuhan terhadap penerapan knowledge management pada perusahaan. Perusahaan yang telah menerapkan knowledge management dalam praktek manajemen perusahaannya adalah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Dengan dilaksanakannya penerapan knowledge management, maka suatu hal yang mutlak bagi PT. Telkom untuk mengevaluasi knowledge management yang selama ini dilaksanakan untuk mengetahui nilai dan manfaat yang ditimbulkan.

Proses evaluasi yang pernah dilakukan PT. Telkom adalah survei terhadap implementasi KM tanpa mengukur dampak implementasi KM terhadap perusahaan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran performansi knowledge management dengan menggunakan metode knowledge management balanced scorecard dengan fokus penelitian pada perspektif human capital. Proses pengukuran performansi knowledge management PT. Telkom diawali dengan penjabaran visi, misi, dan strategi knowledge management perusahaan ke dalam sasaran strategis, faktor kunci penentu sukses, dan indikator keberhasilan tiap dimensi human capital yaitu dimensi competence, improvement system, intellectual agility, performance, dan attitude and motivation. Proses selanjutnya yaitu pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) selanjutnya proses terakhir yaitu pengukuran performansi knowledge management ditinjau dari perspektif human capital.

Pengukuran performansi knowledge management PT. Telkom dari perspektif human capital menghasilkan 24 indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap performansi knowledge management perusahaan. Berdasarkan pembobotan dengan metode AHP didapatkan bahwa dimensi human capital yang memiliki bobot tertinggi adalah dimensi attitude and motivation (50%), kemudian disusul dengan dimensi intellectual agility (18%), dimensi performance (14%), dimensi improvement system (13%), dan terakhir dimensi competence (5%). Sedangkan nilai performansi knowledge management perspektif human capital PT. Telkom secara keseluruhan untuk tahun 2009 yaitu 4.796 dengan kategori penilaian Sangat Baik.

Penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki performansi knowledge management PT. Telkom ditinjau dari perspektif human capital dan dapat mempengaruhi perbaikan untuk perspektif yang lainnya. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian dengan metode dan lokasi penelitian yang sama untuk perspektif yang lain yaitu perspektif customer capital, perspektif organizational capital, dan perspektif financial. Knowledge Management, Human Capital, Knowledge Management

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

PERBAIKAN PERFORMANSI KNOWLEDGE MANAGEMENT DARI PERSPEKTIF HUMAN CAPITAL DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EFI RIANA SARI
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina, Ir., MT; Muhammad Iqbal, ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini