ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY, CORPORATE IMAGE, DAN PRICE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DALAM UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER LOYALTY PT. GARUDA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING)

Umi Kalsum

Informasi Dasar

112060165
380.06
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri jasa penerbangan merupakan salah satu jasa transportasi yang memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sekarang ini. Oleh sebab itu, persaingan antar maskapai penerbangan merupakan hal wajar yang pasti terjadi saat ini. Bukan hanya biaya penerbangan yang kini menjadi faktor utama dalam menarik konsumen, kualitas pelayanan juga menjadi perhatian penting bagi konsumen. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi dan informasi juga memaksa perusahaan untuk memiliki citra yang baik.
Penelitian ini mencoba untuk meneliti pengaruh antara kualitas pelayanan, biaya, dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan pada industri jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia di daerah Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan harapan operator jasa penerbangan dapat memperbaiki program retensi yang telah dilakukan dengan mengacu pada indikator – indikator yang memiliki performansi terburuk, sehingga nantinya dapat bersaing dengan operator jasa penerbangan lainnya dalam upaya mempertahankan pelanggannya. Obyek yang digunakan pada penelitian ini adalah para pelanggan jasa PT. Garuda Indonesia. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel – variabel penelitian, digunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), yaitu suatu analisis multivariat yang terdiri dari Analisis Faktor, Model Struktural, dan Analisis Jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel empathy adalah variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar dibandingkan variabel – variabel lainnya terhadap customer satisfaction, yakni sebesar 36%. Meskipun begitu, variabel – variabel lainnya juga memiliki pengaruh yang positif terhadap customer satisfaction. Sementara itu, variabel customer satisfaction juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty, yaitu 83%.
Dengan demikian, agar pelanggan PT. Garuda Indonesia menjadi loyal, PT. Garuda Indonesia harus dapat memenuhi atau memberikan kepuasan kepada pelanggannya, melalui peningkatan performansi indikator – indikator variabel kualitas layanan, citra perusahaan, dan biaya.
kualitas layanan, citra perusahaan, biaya, industry jasa enerbangan, structural equation

Subjek

CUSTOMER LOYALTY
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY, CORPORATE IMAGE, DAN PRICE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DALAM UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER LOYALTY PT. GARUDA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELLING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Umi Kalsum
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA, IR,.MT.;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini