perancangan sistem informasi pencarian tempat parkir dengan studi kasus pada pelataran parkir BEC

hendra tanaya susilatama

Informasi Dasar

112060162
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

BEC adalah pusat perbelanjaan elektronik di bandung yang sangat ramai. Pengunjung BEC akan lebih membludak ketika hari libur dan weekend. Salah satu akibat dari banyaknya pengunjung yang datang ke BEC adalah sering penuhnya parkir mobil sehingga semakin sulitnya pengendara mobil untuk mencari tempat parkir yang kosong.

Menurut hasil dari wawancara dari pihak manajemen parkir rata-rata waktu yang dibutuhkan pengendara dari pintu masuk ke tempat parkir adalah berkisar antara 5 sampai 6 menit saat weekday dan membengkak pada saat weekend yaitu sekitar 9 – 13 menit. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah jika ketika pengendara mobil telah mengetahui dimana pengendara dapat memarkirkan mobilnya.

Pada pelataran parkir mobil BEC telah terdapat sistem parkir tetapi sistem tersebut tidak memberikan informasi kepada pengendara dimana tempat parkir yang kosong. Kekurangan dari sistem tersebut membuat pengendara sering kali kebingungan mencari tempat parkir dan hal tersebut membuang waktu dan biaya bahan bakar pengendara.

Dalam penelitian ini akan dikembangkan suatu sistem yang dapat meningkatkan kenyamanan pengendara mobil dalam memperoleh tempat parkir dan mengurangi waktu perjalanan dari pintu masuk ke tempat parkir yang kosong. Sistem tersebut dapat mencari dan menunjukkan kepada pengendara tempat parkir yang kosong dengan cara mencari tempat parkir kosong yang terdekat dari pintu masuk gedung atau pintu masuk parkir dan menentukan tempat parkir yang harus ditempati oleh pengendara. Dengan adanya sistem seperti itu pengendara dapat langsung memperoleh tempat parkir tanpa harus berputar-putar untuk mencari tempat yang kosong. Adanya sistem tersebut dapat terwujud dengan otomasi dimana kondisi dimana parkir yang kosong dan terisi cepat terupdate ke sistem

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan fungsi-fungsi sistem usulan ini telah berjalan sesuai dengan tujuan awal dan waktu perjalanan dari pintu masuk ke tempat parkir berkurang yaitu menjadi rata-rata 4 menit pada saat weekday dan rata-rata 7 menit pada saat weekend dan hari libur Waktu Perjalanan , Pencarian Tempat Parkir, Otomasi, Efisien

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

perancangan sistem informasi pencarian tempat parkir dengan studi kasus pada pelataran parkir BEC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

hendra tanaya susilatama
Perorangan
Rino Andias Anugraha ST, MM; Harris Rachmat ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini