USULAN PENJADWALAN WAKTU PERAWATAN MESIN DRYER ANNULAR DENGAN METODE RELIABILITY-CENTERED MAINTENANCE DI PT. XYZ

FENDI ARIYANTO

Informasi Dasar

112060155
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan perusahaan rokok kretek tertua di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai beberapa proses untuk membuat tembakau yang berkualitas, salah satunya proses di combined line. Di dalam combined line terdapat 7 jenis mesin yang berbeda fungsinya, salah satunya mesin yang mempunyai tingkat kegagalan tertinggi seperti pada perhitungan asset criticality yaitu, mesin Dryer Annular. PT. XYZ menerapkan kegiatan maintenance yang dilakukan saat ini berupa kegiatan perawatan terjadwal terhadap mesin. Sampai saat ini kebijakan perawatan yang telah dilakukan tidak optimal, karena frekuensi kerusakan pada komponen masih sering terjadi.
Mesin Dryer Annular terbagi dalam 9 komponen, namun hanya 4 komponen saja yang termasuk dalam komponen kritis yaitu, Main drive, Control panel, Cylinder DE dan Cylinder FE. Kebijakan perawatan untuk mesin Dryer Annular dengan metode Reliability Centered Maintenance(RCM) diharapkan dapat menghasilkan penentuan kebijakan perawatan yang tepat, yaitu interval waktu perawatan yang optimal sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap komponen sebelum mengalami gangguan dan dapat meminimumkan biaya perawatan.
Pada penentuan sistem kritis dengan menggunakan metode pemilihan berdasarkan hasil pengamatan frekuensi kerusakan, dimana sistem dianalisis sesuai dengan sebab dan akibat yang ditimbulkan. Selanjutnya berdasarkan data Time to Failure (TTF) yang telah direkap, dilakukan perhitungan dengan Uji Anderson Darling untuk mendapatkan jenis distribusi dan karakteristik kerusakan komponen kritis. Berdasarkan metode RCM, jenis distribusi dan karakteristik kerusakan komponen dari setiap komponen kritis, maka diperoleh kebijakan perawatan yang optimal untuk diterapkan pada komponen-komponen kritis yaitu task on-condition.
Perhitungan total biaya perawatan untuk komponen kritis menggunakan Model Minimasi Biaya Perawatan. Interval waktu perawatan yang digunakan berdasarkan perbadingan interval waktu perawatan eksisting dan hasil perhitungan dengan metode P-F Interval. Maintenance, RCM, Dryer Annular

Subjek

MACHINE ENGINEERING
 

Katalog

USULAN PENJADWALAN WAKTU PERAWATAN MESIN DRYER ANNULAR DENGAN METODE RELIABILITY-CENTERED MAINTENANCE DI PT. XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FENDI ARIYANTO
Perorangan
Rd. ROHMAT SAEDUDIN, ST., MT.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini