Evaluasi dan Perbaikan Penerapan Knowledge Management System di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung Berdasarkan Perspektif Sosio-Teknikal

Indah Hayati

Informasi Dasar

112060141
380.06
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Knowledge menjadi aset perusahaan yang paling berharga di era knowledge based economy saat ini dan memegang peranan penting dalam persaingan. Keberhasilan perusahaan untuk memiliki kemampuan bersaing bergantung pada kemampuan perusahaan untuk mengelola dan mengembangkan knowledge yang dimilikinya. Penerapan knowledge management di perusahaan dapat membantu dan mempermudah perusahaan untuk mengelola dan mengembangkan knowledge yang dimilikinya secara sistematik dan sesuai dengan kebutuhan organisasi serta karyawan-karyawannya. Penerapan knowledge management perlu didukung dengan suatu sistem informasi (knowledge management system) yang memungkinkan setiap orang di dalam perusahaan tersebut mendapatkan knowledge yang dibutuhkannya secara cepat, tepat dan akurat.

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh atau dukungan dari aspekaspek sosio-teknikal pada knowledge management system di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung terhadap penerapan knowledge management. Berdasarkan perspektif sosio-teknikal, knowledge management system dipandang memiliki tiga layer utama yaitu infrastructure, info-structure, dan info-culture. Pada penelitian ini, aspek infrastructure dibagi menjadi empat dimensi yaitu peralatan fisik, hardware, website dan jaringan. Aspek info-structure dibagi menjadi tiga dimensi yaitu aturan, struktur organisasi dan dukungan top management. Aspek infoculture dibagi menjadi dua dimensi yaitu budaya dan hubungan sosial.

Hasil dari survey terhadap 106 karyawan di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung menunjukkan dimensi yang paling berpengaruh terhadap aspek infrastructure ialah website, dimensi yang paling berpengaruh terhadap aspek info-structure ialah dukungan top management, dan untuk aspek info-culture kedua dimensinya memiliki kontribusi yang hampir sama besarnya. Secara keseluruhan, aspek knowledge management system yang paling berpengaruh terhadap knowledge management di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung ialah aspek infrastructure.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian dibuat usulan-usulan perbaikan terhadap knowledge management system di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung. Dengan adanya usulan-usulan ini, diharapkan knowledge management system tersebut dapat lebih mendukung penerapan knowledge management dan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaannya.

knowledge management, knowledge management system,infrastructure, info-structure, info-culture

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

Evaluasi dan Perbaikan Penerapan Knowledge Management System di PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung Berdasarkan Perspektif Sosio-Teknikal
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indah Hayati
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina; Amelia Kurniawati, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini